Lombok Post
NASIONAL

Jokowi dan Sandi Langsung ke Saudi

Presiden Joko Widodo memenuhi undangan Raja Salman bin Abdul Aziz al Saud di Istana di Riyadh, Minggu (14/4). (FOTO SETPRES)

JAKARTA-Capres 01 Joko Widodo dan Cawapres 02 Sandiaga Uno punya kemiripan aktivitas dalam menjalani masa tenang Pemilu 2019. Kemarin keduanya sama-sama berada di Arab Saudi untuk menjalani ibadah umrah.

Sandi menjalani umrah lebih dulu, sedangkan Jokowi harus memenuhi undangan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud di Istana Pribadi Raja (Al Qasr Al Khas).

Tiba pada pukul 13.50 waktu setempat, Jokowi bersama istrinya, Iriana, disambut langsung oleh Raja Salman di halaman depan istana. ”Saya merasa berbahagia sekali karena hari ini diundang Sri Baginda Raja ke Istana ini,” kata capres petahana itu. ”Saya juga senang Presiden Jokowi bisa memenuhi undangan saya,” balas Raja Salman.

Setelah berbincang sebentar di ruang utama, Jokowi dan Iriana dijamu santap siang. Menu yang disuguhkan adalah makanan khas Timur Tengah. Di antaranya, sup harira, daging iga sapi, nasi mandhi dengan ayam, dan sejumlah makanan penutup.

Setelah santap bersama, Jokowi dan Raja Salman sepakat meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi. ”Presiden Jokowi dan Raja Salman sepakat ke depan, kerja sama ekonomi akan terus ditingkatkan, terutama di bidang energi dan pariwisata,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi seusai pertemuan.

Dalam pertemuan itu, Jokowi juga menyampaikan apresiasi dari seluruh masyarakat Indonesia atas diberikannya kuota tambahan haji kembali sebesar 10.000 bagi jamaah asal Indonesia. ”Raja Salman juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kepemimpinan Indonesia di dalam menjaga stabilitas kawasan dan dunia,” ucap Retno.

Selain bertemu Raja Salman, Jokowi bertemu Putra Mahkota Muhammad bin Salman. Kemudian, malam waktu setempat, mantan wali kota Solo itu bertolak ke Jeddah. Dilanjutkan perjalanan menuju Makkah untuk menunaikan ibadah umrah.

Sementara itu, Sandiaga langsung bertolak ke Makkah setelah menjalani debat pilpres terakhir Sabtu (13/4). Dia ditemani sang istri, Nur Asia Uno, bersama kerabat-kerabat terdekatnya. ”Memang sudah direncanakan untuk umrah setelah debat,” kata Direktur Luar Negeri Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi Irawan Ronodipuro.

Foto-foto Sandi yang sedang berada di Masjidilharam juga sudah diterima BPN. Dalam balutan ihram, Sandi tampak melakukan tawaf didampingi sang istri. Ada juga foto mereka berdua dengan latar belakang Kakbah.

”Di sana Pak Sandiaga memohon kepada Allah SWT agar bangsa Indonesia selalu dijaga dan dilindungi serta dijauhkan dari perpecahan. Sehingga bangsa Indonesia selalu bersatu membangun negara,” tandasnya.

Di hari yang sama, capres 02 Prabowo Subianto menjalani masa tenang dengan berziarah ke makam ayahnya, yakni Soemitro Djojohadikusumo, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Jakarta Selatan. Sementara itu, cawapres 01 Ma’ruf Amin beraktivitas di rumah, termasuk menerima para tamu. (far/bay/c10/fat/JPG/r3)

Berita Lainnya

Ada OPM di Balik Kerusuhan Papua

Redaksi LombokPost

Kelompok Agitator di Balik Kerusuhan

Redaksi LombokPost

Stop Diskriminasi Masyarakat Papua

Redaksi LombokPost

UAS Dilaporkan ke Bareskrim

Redaksi LombokPost

MotoGP Lombok Tak Akan Mundur

Redaksi LombokPost

Prajurit Asal NTB Gugur di Papua

Redaksi LombokPost

Tenda di Mina Penuh Sesak, Ruang Satu Jamaah Hanya 0,8 Meter Persegi

Redaksi LombokPost

Peserta Safari Wukuf Diperkirakan Berkurang

Redaksi LombokPost

Megawati Pimpin PDIP untuk Kelima Kalinya

Redaksi LombokPost