Lombok Post
Tanjung

Menristek Tinjau Lahan Kampus Politeknik

SEMINAR NASIONAL: Menristekdikti H Mohamad Nasir (kiri), didampingi Gubernur NTB H Zulkifliemansyah (tengah) saat menghadiri seminar nasional di kampus vokasi Unram di Dusun Amor-Amor, Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, kemarin (15/4)

TANJUNG-Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) H Mohamad Nasir menegaskan pengembangan sumber daya manusia (SDM) harus jadi prioritas. Karena itu dalam pemerintahan Jokowi-JK, selain infrastruktur dan pengembangan SDM juga menjadi fokus utama.

Pengembangan SDM, khususnya di perguruan tinggi (PT), menekankan pada pendidikan vokasi. Terutama di daerah-daerah yang berada di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal.

“Di NTB, sampai sekarang belum banyak politeknik, padahal ini penting untuk pengembangan SDM siap kerja,” tuturnya usai meninjau lokasi kampus Politeknik Negeri KLU di Dusun Amor-Amor, Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, kemarin (15/4).

Ia mengungkapkan, minggu lalu dirinya bertemu dengan gubernur NTB, dan sejumlah bupati di NTB untuk mendiskusikan rencana pengembangan politeknik. Saat itu ia menugaskan Dirjen Kelembagaan, dan Direktur Pembinaan untuk memfasilitasi pembangunan politeknik negeri di KLU.

“Saya ingin ada pemerataan pembangunan pendidikan di luar Jawa. Terutama di Lombok,” jelasnya.

Ia mendorong agar politeknik di KLU ini segera dibangun. Jika seluruh persyaratannya sudah terpenuhi, maka pembangunan politeknik bisa langsung dilakukan. Pengembangan politeknik ini nantinya akan menjadi tanggung jawab pusat.

 “Saya mendukung keinginan bupati KLU, agar di KLU dibangun politeknik negeri,” sambungnya.

Gubernur NTB H Zulkifliemansyah mengapresiasi kunjungan menristekdikti di KLU. Ia juga mendukung rencana pembangunan politeknik negeri di KLU. Terwujudnya politeknik ini dinilai berkat lobi yang terus dilakukan bupati KLU.

“Persyaratan pembangunan politeknik ini sudah hampir tuntas. Tinggal restu pak menteri,” ucapnya.

Bupati KLU H Najmul Akhyar berharap politeknik ini segera dibangun. Pihaknya siap menghibahkan tanah untuk pembangunan politeknik ini.

“Izinnya semoga bisa keluar beberapa bulan ke depan. Tim yang sudah kita bentuk akan terus mengawalnya,” tandasnya.

Ia mengungkapkan, keinginan didirikannya politeknik ini cukup lama direncanakan. Secara langsung rencana ini sudah disampaikan pihaknya ke presiden bahkan presiden menerima langsung proposalnya. (fer/r4)

Berita Lainnya

PLN Nusra Serahkan Ambulans

Redaksi LombokPost

Pemilu Serentak Harus Dievaluasi

Redaksi LombokPost

Logistik Tiba, PSU Siap Digelar di Kecamatan Tanjung

Redaksi LombokPost

DP2KBPMD Gelar Lomba TTG

Redaksi LombokPost

DLHPKP Canangkan Gerakan “Gemar Membatik”

Redaksi LombokPost

Sekda Dukung Razia ASN

Redaksi LombokPost

Bupati Terima Rombongan LAN RI

Redaksi LombokPost

PSU Rentan Money Politic

Redaksi LombokPost

Tarif Cidomo di Tiga Gili Bakal Diatur

Redaksi LombokPost