Lombok Post
Headline Tanjung

Tidak Punya E-KTP, Tetap Bisa Memilih

Juraidin

TANJUNG-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lombok Utara (KLU) mengungkap ada 7.616 warga yang belum melakukan perekaman E-KTP. Mereka dikhawatirkan tidak bisa ikut memilih dalam pemilu besok. Sebab saat memilih mereka harus menunjukkan surat keterangan (suket) sebagai pengganti E-KTP.

Ketua KPU KLU Juraidin yang dikonfirmasi kemarin (15/4) memastikan 7.616 warga tersebut tetap bisa menggunakan hak pilihnya. Asalkan mereka sudah tercatat di dalam DPT. Mereka tidak perlu menunjukkan E-KTP atau suket pengganti E-KTP.

“Masih ada identitas lainnya yang bisa dibawa seperti KK, SIM, dan passport. Yang penting mereka tercatat di dalam DPT,” ujarnya.

Ia mengakui, terhadap warga yang masuk DPT tapi belum melakukan perekaman E-KTP telah dibahas pihaknya bersama Dukcapil. Ia memastikan mereka tetap bisa menggunakan haknya. Namun pihaknya tetap berharap, agar ribuan warga tersebut tetap menyelesaikan perekaman E-KTP.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) KLU Tresnahadi berharap warga yang belum melakukan perekaman E-KTP segera menghubungi pihaknya. Bagi warga tersebut, pihaknya memberikan pelayanan khusus. Bahkan pihaknya sampai melakukan jemput bola di desa-desa.

“Sayangnya tidak banyak warga yang melakukan perekaman E-KTP, meski kami sudah turun melakukan perekaman di desa,” ungkapnya.

Ia  mengaku akan tetap membuka pelayanan rekam E-KTP. Baik di kantor desa, kantor kecamatan atau di kantor Dukcapil.

“Masih ada waktu untuk melakukan perekaman E-KTP,” ajaknya. (fer/r4)

Berita Lainnya

PLN Nusra Serahkan Ambulans

Redaksi LombokPost

Pemilu Serentak Harus Dievaluasi

Redaksi LombokPost

Logistik Tiba, PSU Siap Digelar di Kecamatan Tanjung

Redaksi LombokPost

DP2KBPMD Gelar Lomba TTG

Redaksi LombokPost

Kelelahan, Enam PPS Tumbang

Redaksi LombokPost

DLHPKP Canangkan Gerakan “Gemar Membatik”

Redaksi LombokPost

Sekda Dukung Razia ASN

Redaksi LombokPost

Bupati Terima Rombongan LAN RI

Redaksi LombokPost

PSU Rentan Money Politic

Redaksi LombokPost