Lombok Post
Headline Kriminal

Tunggu Hasil Hitung KPU

CEK KONDISI: Kapolda NTB Irjen Pol Achmat Juri, Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, didampingi Kapolres Mataram AKBP Saiful Alam mengecek pencoblosan di salah satu TPS di Kota Mataram, kemarin (17/4).

MATARAM-Tugas pengamanan yang dilakukan TNI Polri masih berlanjut, meski pencoblosan Pemilu 2019 telah dilakukan, kemarin (17/4). Kepolisian masih menetapkan status siaga satu untuk personel keamanan yang bertugas di lapangan hingga 19 April.

Kabidhumas Polda NTB AKBP Purnama mengatakan, sejumlah lembaga survei telah mengeluarkan hasil perhitungan cepat. Meski demikian, hasil tersebut belum bisa menjadi rujukan mengenai siapa pemenang Pemilu.

”Perhitungan resmi tetap dari KPU. Kita imbau agar masyarakat dan warganet tidak mengekspresikan secara berlebihan, yang ujungnya memperkeruh situasi,” imbau Purnama, kemarin (17/4).

Hasil evaluasi hingga sore kemarin, Purnama menyebut tidak ada laporan menonjol. Keamanan di wilayah NTB tetap kondusif. Meski demikian, kepolisian bersama petugas pengamanan lainnya tetap bersiaga hingga dua hari setelah hari pencoblosan.

BKO pengamanan TPS yang berjumlah 1.037 personel, tetap bertugas. Melakukan pengamanan dan pengawalan kotak suara. Dari TPS hingga ke KPU kabupaten/kota dan provinsi.

”Pengawalan melekat dilakukan, termasuk di lingkungan sekitar ketika terjadi protes. Tapi, sampai sejauh ini, belum ada laporan,” ujar dia.

Tugas BKO keamanan dari Polda hanya sampai tanggal 19 April. Setelah itu, mereka akan ditarik kembali ke satuan masing-masing. Meski demikian, bukan berarti tidak ada lagi pengamanan di lapangan.

Purnama mengatakan, personel di tingkatan Polres akan melakukan pengamanan yang disesuaikan dengan eskalasi. Ketika terjadi gangguan atau ancaman, tindakan pertama yang dilakukan adalah menetralisir gangguan.

”Polda tetap membackup. Ada disiapkan Brimob, yang bisa sewaktu-waktu digerakkan,” ujar dia.

Kemarin, Kapolda NTB Irjen Pol Achmat Juri, Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, Kabinda NTB, dan Kapolres Mataram AKBP Saiful Alam mengecek TPS 11 di Kelurahan Mayura, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram.

Kapolres Mataram AKBP Saiful Alam mengatakan, pencoblosan di wilayah hukum Polres Mataram berlangsung aman. Dari pantauan dan laporan yang dia terima, tak ada gejolak yang menggganggu kondusivitas keamanan.

”Semua aman. Tapi, kita pantau terus,” kata Alam.(dit/r2)

Berita Lainnya

5 Pilihan Oleh-oleh Khas Taiwan yang Wajib Kamu Beli

Redaksi Lombok Post

Promo Special dan Hiburan Rakyat jadi Daya Tarik SAFARI FIFGROUP 2019

Redaksi Lombok Post

Jual Sabu Untuk Modal Kawin, Dua Sejoli Kompak Masuk Bui

Redaksi LombokPost

Telkomsel Hadirkan Kuota Keluarga

Redaksi Lombok Post

Duta Bahasa NTB Juara Favorit

Redaksi Lombok Post

BUMN Gelar Jalan Sehat dan Pasar Murah di Mataram

Redaksi Lombok Post

Ayo Dukung Duta Bahasa NTB

Redaksi Lombok Post

Protes Warga Tak Mempan, Dewan Siap Paparkan Hasil Kunker

Redaksi Lombok Post

Nyabu Biar Lebih Bergairah

Redaksi Lombok Post