Lombok Post
Tanjung

Diskoperindag Pastikan Gelar Pasar Murah

I Kadek Marta

TANJUNG-Menjelang Ramadan ada potensi terjadinya lonjakan harga bahan kebutuhan pokok. Mengantisipasi hal ini, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Lombok Utara (KLU) menyusun sejumlah langkah antisipasi. Salah satunya melakukan kegiatan pasar murah.

“Pasar murah melibatkan tim Dinas Perdagangan (Disdag) NTB, produsen hingga Toko Tani Indonesia (TTI),” ujar Kepala Bidang Perdagangan Diskoperindag KLU I Ketut Marta, kemarin (21/4).

Marta mengungkapkan, saat ini pasar murah belum diperlukan. Sebab berdasarkan laporan dari pasar, harga kebutuhan pokok terbilang stabil. Digelarnya pasar murah, mengacu pada hasil pendataan di lapangan. Pasar murah hadir untuk menekan terjadinya lonjakan harga kebutuhan pokok.

“Sekarang  itu harga kebutuhan pokok masih stabil, dan masih terjangkau oleh masyarakat,” sambungnya.

Ia menambahkan, selain menstabilkan harga, kegiatan pasar murah juga untuk membantu masyarakat yang kurang mampu. Sebab rata-rata kebutuhan pokok dijual dengan harga di bawah pasaran.

“Kegiatan pasar murah ini direncanakan akan dimulai akhir bulan ini. Selanjutnya saat puasa, kita akan melakukan operasi pasar sedikitnya sembilan kali,” jelasnya.

Marta melanjutkan, dalam pasar murah tersebut pihaknya akan menyediakan 9,600 paket sembako. Ia berharap paket sembako ini mampu menekan harga sembako di pasaran.

Terpisah, Siti Khadijah, warga Tanjung, menyambut baik rencana diadakannya pasar murah tersebut. Terlebih lagi beberapa komoditas sembako di pasar sudah mulai menunjukkan kenaikan harga. Salah satunya yang sangat mahal saat ini adalah bawang merah mencapai Rp 55 ribu per kilogramnya.

“Kalau bisa nanti saat puasa sering-sering saja mengadakan pasar murah,” pungkasnya. (fer/r4)

Berita Lainnya

Progres RTG Belum Sesuai Harapan

Bupati Dorong Percepatan Pembangunan di KLU

DASI dan Lombok Post Buka Puasa dengan Korban Gempa

Bapenda Segera Tertibkan Reklame Kedaluarsa

17 Ribu Data Korban Gempa Bermasalah

Jayaboard Restorasi Gedung Sekolah

Pemkab KLU Bakal Datangi Kemenkum HAM RI

Redaksi LombokPost

2.400 Paket Santunan Segera Disalurkan

Lahan Polteknik Vokasi Diklaim Sudah Clear