Lombok Post
Praya

16.080 Siswa SMP/MTs Laksanakan UN

SERIUS: Para siswa SMPN 1 Praya saat menjalani UNBK, kemarin (22/4). Siapapun tidak diperkenankan masuk, kecuali panitia.

PRAYA-Sebanyak 16.080 siswa SMP dan MTs, negeri maupun swasta di Lombok Tengah, mengikuti Ujian Nasional (UN). Mayoritas, yakni 13.453 siswa diantaranya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sisanya, Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP). ”Total penyelenggara ada 436 sekolah,” ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Loteng H Sumum, saat meninjau UN di SMPN 1 Praya, kemarin (22/4).

Khusus SMP, harap Sumum tahun depan 100 persen sudah UNBK. Kekurangan computer katanya, dapat diatasi dengan cara gotong royong. Salah satunya, seperti yang dijalankan SMPN 1 Praya. ”Sebagian siswa kami di sini, meminjam laptop orang tuanya masing-masing,” sambung Kepala SMPN 1 Praya Majri.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Loteng HL Pathul Bahri, didampingi Kepala Balitbang Kemendikbud Totok Suprayitno, ikut memantau. Mereka melihat, pelaksanaan UNBK di SMPN 1 Praya berjalan lancar dan aman. Kendati ada kekurangan dan kendala, tidak membuat penyelenggaraan tertunda. ”Kami berterima kasih kepada Kemendikbud, yang ikut turun memantau,” ujar Wabup.

Orang nomor dua di Gumi Tatas Tuhu Trasna tersebut mengatakan, pelaksanaan UN sebagai upaya pemerintah meningkatkan SDM dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Untuk itulah, pihaknya menyerukan agar seluruh penyelenggara UN melaksanakan ujian sebagaimana mestinya. Kedepan, kekurangan yang ada akan disiapkan bersama, baik dari pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten. “Insya Allah,” cetusnya.

Kepala Balitbang Kemendikbud Totok Suprayitno menilai, apa yang dijalankan di SMPN 1 Praya patut dijadikan contoh. Itu terkait peran orang tua dan lingkungan yang memang sangat diperlukan. ”Inilah yang disebut kerja sama,” ujarnya.

Karena bagaimanapun pendidikan menjadi tanggung jawab bersama. Tidak bisa diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah. Cara lain, bisa saja meminjam komputer atau laptop SMA, SMK/MA. ”Dipersilakan,” serunya. (dss/r9)

Berita Lainnya

Angkasa Pura Ingin Jadi Bagian Kesuksesan MotoGP

Redaksi LombokPost

Berwisata di Kolam Renang Matra Praya

Redaksi LombokPost

Jangan Merariq Kodek!

Redaksi LombokPost

Penerbangan Lombok-Perth Baik untuk Pariwisata

Redaksi LombokPost

Masalah Kawasan Prabu Bukan Hanya Tambang

Redaksi LombokPost

Diskominfo Lombok Tengah Data Ulang Jumlah Tower

Redaksi LombokPost

Tampil di JFC, Loteng Bertekad Memukau

Redaksi LombokPost

Target Pendapatan Daerah Rp 2,154 T

Redaksi LombokPost

Cerita H Najamudin, Penyiar Radio 90-an

Redaksi LombokPost