Lombok Post
Praya

LIA Alami Lonjakan Penumpang Lima Persen

BANDAR UDARA: Suasana di terminal LIA, kemarin (22/4). Tampak sejumlah calon penumpang pesawat duduk santai.

PRAYA-Peningkatan penumpang di Lombok International Airport (LIA) menembus angka lima persen. PT Angkasa Pura (AP) I optimis hal ini masih terus meningkat. Puncaknya, diperkirakan Juni mendatang. ”Insya Allah, untuk wisatawan asing, Mei, Juni, dan Juli mendatang akan berdatangan,” ujar General Manager (GM) PT AP I LIA Nugroho Jati, kemarin (22/4).

Kedatangan mereka bertepatan dengan operasional Hub AirAsia yang dimulai di sana. Ada dua pesawat dari maskapai tersebut yang terparkir setiap harinya di LIA. Pada saat itu, operasional bandara juga sudah 24 jam penuh. ”Mari kita sambut kebangkitan pariwisata ini,” seru orang nomor satu dijajaran PT AP I LIA tersebut.

Untuk itulah, pihaknya berharap semua pihak bersama-sama terus menggerakkan sektor pariwisata. Dia mengingatkan, pariwisata mampu menggerakkan sektor lain seperti bisnis dan ekonomi secara luas, pendidikan, bahkan kesehatan. ”Yang lima persen itu, penumpang domestik dan internasional,” tekannya.

Jika diukur perhari, lanjut Jati rata-rata 3.000 penumpang. Bahkan data menunjukkan pernah menembus angka 4.000 penumpang. Itu terjadi, Minggu (21/4) lalu. ”Per 21 April ini, total penumpang di LIA mencapai 134.619 orang,” sambung Communication and Legal Section Head PT AP LIA Nyoman Siang.

Sejumlah 70.941 orang diantaranya, penumpang kedatangan. Sisanya, 63.678 penumpang keberangkatan. Sedangkan, total penerbangan 1.324 kali. Dengan rincian, 662 kali diantaranya, penerbangan kedatangan dan sisanya penerbangan keberangkatan. ”Normalnya, 100 kali penerbangan tiap hari. Tapi, penumpang mulai mengalami peningkatan,” ujarnya. (dss/r9)

Berita Lainnya

Novotel Siap Terima Magang Difabel

KPU Tak Gentar Hadapi Gugatan

Jembatan Aik Berik Segera Diperbaiki

Desa Wisata Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Polisi Ringkus Terduga Pengedar Narkoba

Kelulusan P3K Segera Diumumkan

Jaksa Telaah Laporan Caleg Demokrat

Pleno Berakhir, TNI/Polri Tetap Siaga

Sah, Poltekpar Lombok Anggota PATA

Redaksi LombokPost