Lombok Post
Headline Selong

Puluhan Petugas KPPS dan PPS “Tumbang”

TERBARING SAKIT: Ardian Furqan Haidar, salah seorang anggota PPS Paok Lombok (kanan) ditemani istrinya sedang dirawat inap di Puskesmas Kerongkong, Kecamatan Suralaga, kemarin (22/4).

SELONG-Akibat kelelahan bekerja, puluhan petugas KPPS dan PPS di Lombok Timur sakit. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lotim M Junaidi menerangkan sampai kemarin (22/4), laporan dari PPK mengenai petugas yang sakit terus berdatangan. “Yang banyak di Terara, Suralaga, dan Sakra Timur,” kata Junaidi.

Tugas berat penyelenggara dari tingkat TPS, desa, sampai kecamatan dimulai sejak H-1. Sejak hari itu, para petugas bekerja sampai larut malam. Terutama pada penghitungan suara di 17 April. Rata-rata KPPS menghitung sampai subuh. “Itu yang banyak menyebabkan petugas kita harus mendapat perawatan di Puskesmas,” terangnya.

Sakitnya para petugas secara umum mempengaruhi jalannya proses rekapitulasi. Baik di tingkat PPS, maupun PPK. Namun Junaidi menegaskan, secara teknis, proses rekapitulasi tetap berjalan. Artinya, petugas yang sakit untuk sementara diganti.

Ardian Furqan Haidar, anggota PPS Paok Lombok, Kecamatan Suralaga mengatakan, telah berbaring di Puskesmas Kerongkong sejak 20 April lalu. Kerja non stop sejak 16 April membuatnya tumbang di hari ke empat. Padahal proses rekapitulasi belum sampai kecamatan.

Kata Ardian, karena daya tahan tubuh yang lemah, ia diserang diare. Lalu keesokan harinya panas demam. “Setelah itu saya dilarikan ke Puskesmas ini,” terangnya.

Dari Suralaga, Ardian menerangkan, ada sebanyak 13 petugas KPPS dan PPS Kecamatan Suralaga yang sakit. Daftar nama itu ia tunjukkan melalui WA grup. “Kalau saya sudah sehat, saya akan kembali bekerja,” kata Ardian.

Ketua KPPS di Desa Tebaban, Kecamatan Suralaga, Muzakkir menerangkan jika banyak sekali yang sakit karena kelelahan bekerja. Ia menerangkan jika proses penghitungan suara di 17 April memang benar-benar melelahkan. “Kalau tahun-tahun lalu masih santai. Saat ini yang mengerikan sekali kerjanya,” terangnya. (tih/r5)

Berita Lainnya

Menelusuri Penyebaran Islam di Pulau Lombok dari Buku Karya Dr Jamaluddin (2)

Korban Gempa Dikadali, BPBD Terima Laporan Bahan Rumah Korban Gempa Tak Sesuai Spek

Menelusuri Penyebaran Islam di Lombok dari Buku Karya Dr Jamaluddin (1)

Kedubes Prancis Kunjungi Poltekpar Lombok

Zohri Spektakuler! Genggam Tiket ke Tokyo 2020

BNI Tebar 100 Ribu Bingkisan Ramadan

Hearing Buntu, Aldi Tempuh Jalur Hukum

Progres RTG Belum Sesuai Harapan

Alhamdulillah, Bantuan Jadup Cair Besok