Lombok Post
Ekonomi Bisnis Headline

Siswa BLK Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

SERAHKAN KARTU PESERTA: Kabid Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Cabang NTB Yulia Ika Wardani (kiri) saat menyerahkan kartu peserta BPJSTK ke siswa BLK, beberapa

MATARAM-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK) melakukan sosialisasi program kepada 150 siswa-siswi pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja Provinsi NTB. BPJS Ketenagakerjaan adalah sebuah badan publik yang telah ditunjuk sesuai Undang-Undang untuk menyelenggarakan jaminan sosial untuk para pekerja.

“BPJS Ketenagakerjaan mempunyai 4 program yakni Jaminan Hari Tua, Jaminan Kematian, Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Pensiun,” kata Kabid Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Cabang NTB mengatakan Yulia Ika Wardani pada Lombok Post, Senin (22/4).

Dijelaskan, perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan sebagai wujud nyata Negara hadir. Ini untuk memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja di semua sektor baik formal dan informal di Indonesia. ”Kami terus sosialisasi kepada masyarakat pekerja yang memiliki risiko dalam pekerjaannya. Kami memberitahukan manfaat dari kehadiran BPJSTK,” tambahnya.

Sementara itu Kepala BLK Provinsi NTB Hj Sri Wilujeng mengatakan risiko pernah terjadi di beberapa siswa BLK. Pihaknya mengalami kesulitan melakukan klaim ke asuransi yang bekerja sama. ”Siswa-siswi yang melakukan pelatihan di BLK pasti mempunyai asuransi baik selama satu bulan atau lebih. Tujuannya membackup jika terjadi sesuatu ketika melakukan pelatihan dan on the job training,” tambahnya.

Dia menambahkan pihaknya berdiskusi dengan UPTP Lombok Timur terkait perlindungan untuk para siswa. Ia pun mendapat rekomendasi untuk mendaftarkan para siswa ke BPJS Ketenagakerjaan. Dengan kerja sama BPJSTK ini, siswa bisa mendapat perlindungan secara utuh.

”Tidak hanya saat melakukan pelatihan di BLK, tetapi bisa juga mendapat perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan ketika sudah bekerja di perusahaan atau bekerja dirumah,” sambungnya.

Menurutnya risiko untuk para siswa disini sangat tinggi terutama yang jurusan listrik. Karena harus naik-naik keatas ketika bekerja. ”Dengan terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, maka para siswa lebih aman dan nyaman ketika bekerja,” tutupnya.(nur/*)

Berita Lainnya

Menelusuri Penyebaran Islam di Pulau Lombok dari Buku Karya Dr Jamaluddin (2)

Korban Gempa Dikadali, BPBD Terima Laporan Bahan Rumah Korban Gempa Tak Sesuai Spek

Menelusuri Penyebaran Islam di Lombok dari Buku Karya Dr Jamaluddin (1)

Kedubes Prancis Kunjungi Poltekpar Lombok

Zohri Spektakuler! Genggam Tiket ke Tokyo 2020

BNI Tebar 100 Ribu Bingkisan Ramadan

Hearing Buntu, Aldi Tempuh Jalur Hukum

Progres RTG Belum Sesuai Harapan

Alhamdulillah, Bantuan Jadup Cair Besok