Lombok Post
Ekonomi Bisnis Headline

Tenaga Pemetaan BPS Terlindungi Program BPJS Ketenagakerjaan

SERAHKAN KARTU: Pejabat Pengganti Sementara Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang NTB Yulia Ika Wardani (tiga dari kiri) menyerahkan kartu BPJSTK simbolis untuk tenaga pemetaan ke Kepala BPS Kota Mataram Isa (tiga dari kanan) di Kantor BPS Kota Mataram, Senin (22/4).

MATARAM-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK) Kantor Cabang NTB menyerahkan kartu peserta dan sertifikat kepesertaan kepada tenaga pemetaan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Mataram di kantor BPS Kota Mataram, Senin (22/4).

Kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan diserahkan Pejabat Pengganti Sementara Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang NTB Yulia Ika Wardani kepada Kepala BPS Kota Mataram Isa.”Sesuai Undang-Undang, BPJS Ketenagakerjaan berfungsi menyelenggarakan program jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan pensiun dan jaminan hari tua,” kata Pejabat Pengganti Sementara Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang NTB Yulia Ika Wardani.

Yulia mengatakan ini sesuai amanah Undang-Undang No 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Selain itu sesuai juga Undang-Undang No 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, BPJS Ketenagakerjaan mempunyai fungsi sebagai penyelenggara jaminan sosial.

Mengutip dari UU No 24 Tahun 2011 Pasal 15 Pemberi Kerja secara bertahap wajib mendaftarkan dirinya dan pekerjanya sebagai Peserta kepada BPJS sesuai dengan program Jaminan Sosial yang diikuti. Menurutnya, dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, pekerja bisa bekerja dengan aman dan nyaman. Tanpa rasa khawatir ketika terjadi risiko karena BPJS Ketenagakerjaan hadir untuk melindungi para pekerja. “BPJSTK hadir dari melindungi dari segala bentuk risiko yang terjadi ketika bekerja,” sambungnya.

Berdasarkan laman bpjsketenagakerjaan.go.id manfaat menjadi peserta yang diterima dari Jaminan Kecelakaan Kerja berupa perawatan tanpa batas biaya sampai sembuh. Ada juga manfaat Jaminan Kematian berupa santunan sebesar 24 juta kepada ahli waris.

Hingga kini, BPS di Bima dan Dompu juga telah terlindungi BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis Bima telah menjalin kerja sama dengan BPS Kota Bima, BPS Kabupaten Bima, dan BPS Kabupaten Dompu. Kerja sama ini terkait perlindungan untuk tenaga pemetaan BPS di wilayahnya masing-masing.

Dari data yang didapat dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang NTB total tenaga pemetaan BPS yang sudah menjadi peserta BPJSTK sebanyak 584 tenaga kerja. Ini tersebar di Kota Mataram sebanyak 160 tenaga kerja, Kota Bima 65 tenaga kerja, Kabupaten Bima 270 tenaga kerja, dan Kabupaten Dompu 89 tenaga kerja. “Kami akan senantiasa terus berkoordinasi dan bekerjasama dengan semua instansi dan perusahaan. Tujuannya untuk segera mendaftarkan pekerjanya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BPS Kota Mataram Isa mengatakan BPS sangat mendukung program pemerintah. Salah satunya dengan mendaftarkan tenaga pemetaan BPS menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. “Kami tidak berharap ada kejadian baik kecelakaan ataupun lainnya. Tetapi kami mengantisipasi hal itu dengan mendaftarkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Hal ini juga bertujuan agar para pekerja pemetaan di lapangan bisa bekerja maksimal. Sehingga tidak terbebani dengan rasa khawatir dengan risiko-risiko bekerja. “Semoga dengan dilindungi ini peserta akan merasa aman dan nyaman,” terangnya. Dia menambahan harapan ketika terjadi risiko, para pekerja bisa mendapatkan pelayanan maksimal dari BPJS Ketenagakerjaan. Kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan ini sangat diharapkan bisa berjalan baik. “Sehingga kedepannya akan terus lebih baik lagi,” tuturnya. (nur/*)

Berita Lainnya

Rucika Perkenalkan Sistem Air Buangan Hygienic System

Redaksi Lombok Post

5 Pilihan Oleh-oleh Khas Taiwan yang Wajib Kamu Beli

Redaksi Lombok Post

Promo Special dan Hiburan Rakyat jadi Daya Tarik SAFARI FIFGROUP 2019

Redaksi Lombok Post

Telkomsel Hadirkan Kuota Keluarga

Redaksi Lombok Post

Duta Bahasa NTB Juara Favorit

Redaksi Lombok Post

BUMN Gelar Jalan Sehat dan Pasar Murah di Mataram

Redaksi Lombok Post

Ayo Dukung Duta Bahasa NTB

Redaksi Lombok Post

Protes Warga Tak Mempan, Dewan Siap Paparkan Hasil Kunker

Redaksi Lombok Post

Mantan Kepala Kemenag Bima Ditahan, Tersandung Korupsi Tunjangan Guru di Bima

Redaksi Lombok Post