Lombok Post
Politika

13 Warga Ampenan Nyoblos Ulang

GUNAKAN HAK SUARA: Masyarakat di Mataram menggunakan hak pilihnya pada 17 April lalu. Meskipun pemungutan suara sudah dilakukan, namun ada beberapa TPS yang harus melaksanakan pemungutan suara ulang.

MATARAM-KPU Mataram akan menggelar pemungutan suara lanjutan (PSL) untuk satu TPS. Hal ini harus dilakukan karena ada pemilih yang belum menggunakan suaranya pada 17 April lalu.

          Ketua KPU Mataram Husni Abidin mengatakan PSL akan dilakukan Kamis (25/4) mendatang di TPS 04 Kelurahan Taman Sari, Kecamatan Ampenan. ”Ada 13 orang yang akan kita undang lagi untuk memilih. Mereka hanya memilih capres-cawapres, sedangkan yang lain sudah,” ujarnya, kemarin.

          Husni menjelaskan 13 pemilih itu sudah mendaftar ke KPPS untuk menggunakan hak pilihnya 17 April lalu. Namun mereka tidak bisa memilih capres-cawapres karena kekurangan surat suara capres-cawapres. ”Jadi hanya 13 orang ini saja yang akan memilih lanjutan. Itu juga hanya untuk pilpres saja,” katanya.

          Terpisah, Ketua KPU NTB Suhardi Soud mengatakan KPU kabupaten/kota sudah menetapkan jadwal pemungutan suara ulang (PSU) yang akan dilakukan di sejumlah TPS. Namun sebelum menetapkan jadwal PSU, pihaknya terlebih dulu menggelar pleno menindaklanjuti rekomendasi Bawaslu terkait PSU. ”Pleno baru selesai. Jadwal PSU sudah disepakati KPU kabupaten/kota,” katanya.

          Dari rapat pleno, ada 15 PSU yang akan dilakukan KPU kabupaten/kota. Terdiri dari Lombok Utara sebanyak tiga PSU, yakni di TPS 1 dan TPS 21 Desa Tanjung serta TPS 20 Desa Sigar Penjalin.

          Bima ada empat PSU yakni TPS 5 Desa Kawinda To’i, Kecamatan Tambora, TPS 1 Desa Belo, Kecamatan Palibelo, TPS 5, Desa Tente Kecamatan Woha, dan TPS 5 Desa Maria, Kecamatan Wawo.

          Untuk Kota Bima ada satu PSU yakni di TPS 29 Desa Jatiwangi, Kecamatan Asakota. Di Dompu ada satu PSU yakni di TPS 14 Desa Pekat, Kecamatan Pekat.

          Kemudian di Lombok Tengah ada dua PSU yakni di TPS 15 Desa Pengembur, Kecamatan Pujut dan TPS 8 Desa Aik Mual, Kecamatan Praya. Di Mataram ada satu PSU yakni di TPS 5 Kelurahan Pagesangan Barat, Kecamatan Mataram.

          Di Lombok Timur ada satu PSU yakni di TPS 20 Desa Rakam, Kecamatan Selong. Sementara di Sumbawa ada dua PSU, yakni di TPS 6 Desa Pada Suka, Kecamatan Lunyuk dan TPS 10 Desa Jorok, Kecamatan Utan.

          ”PSU ada yang dilakukan Rabu (24/4) ada juga yang dilakukan 27 April nanti,” kata Suhardi.

          Suhardi menambahkan daerah yang akan melakukan PSU Kamis nanti yakni Dompu, di TPS 14 Desa Pekat, Kecamatan Pekat. Bima di TPS 5 Kawinda To’i, Kecamatan Tambora dan TPS 5 Desa Maria, Kecamatan Wawo.

          PSU dilakukan tidak serentak karena KPU perlu menyediakan logistik untuk daerah-daerah yang melakukan PSU. Karena surat suara cadangan yang dialokasikan seribu per TPS ada di KPU RI. Sedangkan yang sudah tersedia di KPU kabupaten/kota hanya cadangan surat suara DPRD kabupaten/kota.

          ”Dompu dan Bima kita dahulukan karena pertimbangan daerah terjauh,” pungkasnya. (puj/r2)

Berita Lainnya

22 Mei, NTB Kondusif!

Evi Buka Rahasia Foto Cantiknya

Laporan Farouk Kedaluarsa

BN KMA: Ini Kemenangan Rakyat!

Jangan Terpengaruh Ajakan Rusuh

Ini Pesan DPW PKS NTB ke Johan dan SJP

Paloh Dorong Amin Jadi Dubes

KPU Siap Ladeni Gugatan Farouk

Hari Ini, Prabowo-Sandi Deklarasi Menang!