Lombok Post
Praya

Kemenag Loteng Bersiap Dirikan PLHUT

HM Nuhson

PRAYA-Pengurusan syarat pemberangkatan haji di Lombok Tengah, akan dipermudah, dipercepat, dan dipersingkat. Kementerian Agama (Kemenag) Loteng rencananya mendirikan dan menerapkan Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT).  ”Kita mulai tahun depan. Mohon dukungannya,” beber Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Loteng HM Nuhson pada Lombok Post, kemarin (23/4).

Di PLHUT akan ditempatkan sejumlah perbankan, Dukcapil, tenaga medis bahkan Kantor Imigrasi. Kini Kemenag terus mematangkan siapa saja personel yang bertugas, berapa alat, dan perlengkapan kantor yang dibutuhkan, hingga hal teknis lainnya. Kedepan, proses pengurusan syarat-syarat calon jamaah haji tidak lagi berlama-lama atau jauh-jauh ke Mataram. ”Dari sekarang kami sampaikan juga, untuk biaya pengganti paspor sebesar Rp 355 ribu ditiadakan,” serunya.

Itu sebagaimana kebijakan dan ketentuan Kemenag RI. Untuk itulah, pesan Nuhson para calon jamaah haji dimana pun berada di seluruh Loteng, dapat memakluminya. ”Berbicara PLHUT, kita akan membangun gedung tersendiri,” sambung Kasubag TU Kemenag Loteng H Muliadi.

Anggaran dan masterplan sudah disiapkan. Rencana pembangunan dimulai  tahun ini. ”Berbicara penyelenggaraan haji, kami masih menunggu koordinasi dari Kanwil Kemenag NTB,” tambah General Manager (GM) PT Angkasa Pura  (AP) I Lombok International Airport (LIA) Nugroho Jati, terpisah. (dss/r9)

Berita Lainnya

Angkasa Pura Ingin Jadi Bagian Kesuksesan MotoGP

Redaksi LombokPost

Berwisata di Kolam Renang Matra Praya

Redaksi LombokPost

Jangan Merariq Kodek!

Redaksi LombokPost

Penerbangan Lombok-Perth Baik untuk Pariwisata

Redaksi LombokPost

Masalah Kawasan Prabu Bukan Hanya Tambang

Redaksi LombokPost

Diskominfo Lombok Tengah Data Ulang Jumlah Tower

Redaksi LombokPost

Tampil di JFC, Loteng Bertekad Memukau

Redaksi LombokPost

Target Pendapatan Daerah Rp 2,154 T

Redaksi LombokPost

Cerita H Najamudin, Penyiar Radio 90-an

Redaksi LombokPost