Lombok Post
Headline Selong

Kepala Disnakertrans Paling Diminati

BEREBUT JABATAN: Pansel JPT Pratama Lotim terlihat sedang menyeleksi peserta seleksi di Rupatama Kantor Bupati Lotim, kemarin (23/4).

SELONG-Panitia Seleksi (pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Kabupaten Lotim melakukan seleksi pertamanya di Rupatama Kantor Bupati Lotim, kemarin (23/4). Sembilan jabatan kepala dinas, dan jabatan Sekretaris DPRD Lotim secara keseluruhan diburu oleh 53 orang pelamar. “Pengumumannya kita buka selama satu minggu,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lotim M Hairi kepada Lombok Post.

Dari semua jabatan yang dipanselkan, kata Hairi, Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi merupakan yang peminatnya paling banyak. Disusul Sekretaris DPRD Lotim sebanyak 7 pelamar, dan tiga dinas sebanyak 5 orang. Sisanya empat. Sesuai jumlah minimal peserta.

Adapun nama-nama yang mengikuti pansel terdiri dari berbagai instansi. Ada beberapa nama yang merupakan Plt yang dituju. Misalnya saja Plt Kadis Kesehatan dr HM Hasbi Santoso. Juga HM Zainuddin yang merupakan Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan. Begitu juga dengan Plt Kadis Kelautan dan Perikanan Ir Harpi. Masing-masing dari mereka menyasar jabatan definitif.

Hairi menegaskan, sesuai arahan Bupati Lotim HM Sukiman Azmy, tim Pansel akan memilih yang terbaik. Jika tidak ada yang dinyatakan lolos, maka tidak akan dibiarkan kosong. “Daripada diisi oleh yang belum layak,” tandasnya.

Ia juga menegaskan jika bupati telah memberikan kepercayaan kepada tim pansel untuk melakukan seleksi. Meskipun pada ketentuannya, bupati mendapatkan porsi suara puluhan persen untuk menentukan siapa yang berhak menduduki jabatan tersebut.

“Seleksi awal dari 23-25 April kita lakukan untuk penyampaian makalah dan wawancara. Sisanya akan ada assessment oleh asesor dari provinsi,” terang Hairi.

Tim Pansel terdiri dari kalangan birokasi, LSM, dan perguruan tinggi. Ada tujuh orang yang dipilih. Mewakili birokasi Sekda Lotim H Rohman Farly. Hairi menjelaskan, sesuai permintaan bupati, pelantikan akan nantinya akan dilakukan sebelum bulan Ramadhan. “Sambil guyon, kata beliau, biar banyak teman kita safari,” terangnya.

Salah seorang peserta Pansel JPT di jabatan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi L Rusnan menerangkan, jika dirinya mencoba untuk berada di posisi tersebut. “Kita coba,” kata Rusnan yang saat ini menjabat Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Lotim. (tih/r7)

Berita Lainnya

Menelusuri Penyebaran Islam di Pulau Lombok dari Buku Karya Dr Jamaluddin (2)

Korban Gempa Dikadali, BPBD Terima Laporan Bahan Rumah Korban Gempa Tak Sesuai Spek

Menelusuri Penyebaran Islam di Lombok dari Buku Karya Dr Jamaluddin (1)

Kedubes Prancis Kunjungi Poltekpar Lombok

Zohri Spektakuler! Genggam Tiket ke Tokyo 2020

BNI Tebar 100 Ribu Bingkisan Ramadan

Hearing Buntu, Aldi Tempuh Jalur Hukum

Progres RTG Belum Sesuai Harapan

Alhamdulillah, Bantuan Jadup Cair Besok