Lombok Post
Tanjung

Tahun Ini KLU Tidak Gelar Job Fair

Furkan

TANJUNG– Para pemburu kerja di Kabupaten Lombok Utara (KLU) harus bersabar. Tahun ini Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU) tidak menggelar kegiatan job fair seperti kabupaten/kota lainnya di NTB. Hal ini disebabkan sejumlah kendala, baik teknis maupun penganggaran.

“Tapi kami akan menggelar job fair tahun depan,” ujar Kabid Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) PMPTSP KLU Furkan saat ditemui di ruangannya, kemarin (23/4).

Kegiatan job fair ditiadakan tahun ini mengingat kondisi KLU yang belum sepenuhnya pulih pascagempa. Beberapa lokasi untuk mengadakan kegiatan job fair rata-rata hancur oleh gempa. Ini menjadi pertimbangan utama mengapa job fair tidak digelar.

Selain itu juga dikarenakan kurangnya komunikasi daerah dengan pusat. Dalam hal ini Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). Sebab anggaran untuk menggelar job fair berasal dari Kemenaker. Hal ini tak lepas dari daerah yang fokus pada percepatan rehab rekon pembangunan rumah warga.

“Sementara anggaran APBD KLU saat ini terbatas, tidak ada porsi untuk job fair. Anggarannya Cuma ada di kementerian,” sambungnya.

Meskipun mengajukan proposal permintaan anggaran ke pusat saat ini, belum tentu diberikan saat ini juga. Biasanya harus menunggu penganggaran berikutnya. Misalnya pemkab mengajukan proposal itu di anggaran murni 2018, maka di anggaran murni 2019 anggaran tersebut baru terlihat.

Kendala lain yang dihadapi yakni rata-rata perusahaan di KLU bergerak di bidang perhotelan. Pascagempa lalu, banyak hotel yang melakukan penyesuaian terhadap pekerjanya.

“Sehingga untuk menggelar kegiatan job fair kami rasa belum pas. Jadi harus bersabar dulu saat ini,” tandasnya.

Meski begitu masyarakat KLU tak perlu khawatir. Kegiatan job fair akan digelar tahun depan. “Di tahun depan itu saya pastikan job fair digelar di Lombok Utara,” tegasnya.

Untuk tahun depan, dalam kegiatan job fair, pihaknya akan mengundang 100 perusahaan. Namun itu tergantung kemampuan anggarannya. Tahun 2016 lalu pihaknya melibatkan 100 perusahaan untuk kegiatan job fair yang digelar di gedung eks UMKM.

Sementara itu, Kepala Disnaker PMPTSP KLU Agus Tisno mengaku tahun ini pihaknya belum bisa menggelar kegiatan job fair mengingat kondisi KLU yang masih dalam masa pemulihan. Namun kegiatan ini akan digelar tahun berikutnya.

Job fair ini juga diperlukan untuk menurunkan angka pengangguran di KLU,” ujarnya. (fer/r4)

Berita Lainnya

Progres RTG Belum Sesuai Harapan

Bupati Dorong Percepatan Pembangunan di KLU

DASI dan Lombok Post Buka Puasa dengan Korban Gempa

Bapenda Segera Tertibkan Reklame Kedaluarsa

17 Ribu Data Korban Gempa Bermasalah

Jayaboard Restorasi Gedung Sekolah

Pemkab KLU Bakal Datangi Kemenkum HAM RI

Redaksi LombokPost

2.400 Paket Santunan Segera Disalurkan

Lahan Polteknik Vokasi Diklaim Sudah Clear