Lombok Post
Selong

Calon Pejabat Mulai Diseleksi

MENJAWAB PERTANYAAN: Salah seorang calon Kepala Dikbud Lotim sedang melakukan sesi wawancara dengan tim Pansel JPT Pratama Lotim di Rupatama Kantor Bupati Lotim, kemarin (24/4).

SELONG-Jabatan kepala dinas di dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki peran penting dalam pembangunan IPM mulai diseleksi. Kemarin (24/4), lima calon Kadis Kesehatan dan empat calon Kadis Pendidikan dan Kebudayaan hadir mengikuti sesi persentasi dan wawancara di Rupatama Kantor Bupati Lotim.

“Karena dua OPD ini merupakan yang terpenting, pimpinannya harus direkrut dari orang yang terbaik. Dia harus memiliki kapasitas manajerial yang bagus,” kata Sekda Lotim H Rohman Farly kepada Lombok Post usai seleksi, kemarin (24/4).

Kepala OPD yang nantinya memegang dikbud dan dikes menurut Rohman haruslah orang yang benar-benar terkualifikasi. Tidak hanya mengerti dan memahami visi dan misi pimpinan daerah dengan baik, namun juga mampu mengejawantahkan visi dan misi tersebut dengan manajerial yang baik.

Kata Rohman, kepala OPD merupakan pelaksana fungsi pimpinan daerah di posisinya masing-masing. Karena itu, mereka harus mengerti kebijakan kepala daerah. “Setiap kata-katanya akan berpengaruh terhadap penilaian seorang kepala daerah,” jelasnya.

Ditanya mengenai nama-nama yang ada, Rohman mengatakan ke sembilan peserta baik di Dinas Kesehatan dan Dikbud dianggap memenuhi kriteria. Rohman yang juga sebagai ketua tim Pansel JPT Pratama lingkup Lotim menerangkan penilaian akan diakumulasikan dari tujuh tim seleksi. “Kalau saya sebutkan nama, nanti larinya subjektif,” terangnya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lotim M Hairi menerangkan, sesi wawancara dan penyampaian makalah akan berlangsung sampai 25 April. Selanjutnya pada 29 dan 30 April mendatang akan dilakukan assesment dari tim asesor provinsi. “Bupati telah mempercayakan penilaian ini sepenuhnya pada kami,” terangnya.  (tih/r5)

Berita Lainnya

Rohman Mantap Pilih Jalur Independen

Redaksi LombokPost

Masyarakat Harus Lebih Selektif!

Redaksi LombokPost

Spesialis Pencuri Mobil Ditangkap Polisi

Redaksi Lombok Post

80.584 Anak Belum Punya Akta

Redaksi Lombok Post

Sengketa Lahan Ancam Investasi

Redaksi Lombok Post

Di Balik Alasan Jukir RSUD dr R Soedjono Selong Mempertahankan Kehendaknya (2-Habis)

Redaksi Lombok Post

FK UI Gelar Pelatihan di Sembalun

Redaksi LombokPost

Warga Selong Tertangkap Bawa Setengah Kilo Sabu

Redaksi LombokPost

Belanja Murah di Pasar Jumat Pancor

Redaksi LombokPost