Lombok Post
Praya

Pemerintah Sosialisasi Pembangunan Jalan LIA-KEK

KEK MANDALIKA: Suasana salah satu sudut KEK Mandalika di Lombok Tengah, Sabtu (6/4) lalu.

PRAYA-Sedikitnya tujuh desa, di Kecamatan Pujut Lombok Tengah, akan dilalui pembangunan jalan utama dari Lombok International Airport (LIA), menuju KEK Mandalika. Saat ini, pemerintah mulai melalukan sosialisasi. ”Setelah itu, tim appraisal akan turun,” beber Bupati Loteng HM Suhaili FT, kemarin (24/4).

Ketujuh desa yang dimaksud yaitu, Desa Ketare, Tanak Awu, Sengkol, Kawo, Segala Anyar, Sukadana dan Mertak. Total panjang jalan mencapai 17 kilometer, dengan luas lahan yang dibutuhkan mencapai 87 hektare. Sedangkan, anggaran yang disiapkan Rp 1,2 triliun. Rencananya tahun ini juga realisasinya dimulai.

Infrastruktur jalan itu, terangnya bukan menambah lebar akses jalan yang ada sekarang. Melainkan membangun jalan baru. Masterplan sudah disiapkan pemerintah pusat, sementara pemerintah provinsi dan Pemkab Loteng hanya membantu dari sisi sosial masyarakatnya saja. ”Jumlah lajur jalan ada delapan, jadi luar biasa lebar. Ini adalah, dukungan pusat untuk menyukseskan MotoGP,” ujar orang nomor satu di Gumi Tatas Tuhu Trasna tersebut.

Untuk itulah, pihak menyerukan warga yang terkena dampak pembangunan mega proyek tersebut ikut menyukseskannya. Dengan cara, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Lalu, merelakan tanah dan bangunannya dibebaskan. Dia menjamin nilainya sesuai rekomendasi tim appraisal mengacu harga pasar. ”Sebagai salah satu tokoh wilayah selatan, saya siap terdepan membantu,” cetus Kepala Dinas Budpar Loteng HL Muhammad Putrie, terpisah.

Akses jalan baru tersebut, akan meningkatkan dan memudahkan perjalanan roda ekonomi masyarakat. Jadi, tidak ada alasan untuk menolaknya. ”Mari,” seru pria asal Desa Katare tersebut. (dss/r9)

Berita Lainnya

Angkasa Pura Ingin Jadi Bagian Kesuksesan MotoGP

Redaksi LombokPost

Berwisata di Kolam Renang Matra Praya

Redaksi LombokPost

Jangan Merariq Kodek!

Redaksi LombokPost

Penerbangan Lombok-Perth Baik untuk Pariwisata

Redaksi LombokPost

Masalah Kawasan Prabu Bukan Hanya Tambang

Redaksi LombokPost

Diskominfo Lombok Tengah Data Ulang Jumlah Tower

Redaksi LombokPost

Tampil di JFC, Loteng Bertekad Memukau

Redaksi LombokPost

Target Pendapatan Daerah Rp 2,154 T

Redaksi LombokPost

Cerita H Najamudin, Penyiar Radio 90-an

Redaksi LombokPost