Lombok Post
Praya

Sarankan Pelatihan Singkat untuk Pekerja KEK Mandalika 2020

Farid Said

PRAYA-Peluang pekerjaan sebanyak 1.500 orang di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika 2020 mendatang, sulit ditutupi dari lulusan Poltekpar Lombok saja. Karenanya, sejak kini perlu dipikirkan solusi terbaiknya. ”Salah satunya, menggelar pendidikan dan pelatihan singkat, dua bulan saja,” saran Wakil Direktur I Poltekpar Lombok Farid Said pada Lombok Post, kemarin (24/4).

Pihaknya siap menjadi garda terdepan memberi ilmu pengetahuan dan pengalaman-pengalaman tentang perhotelan, restoran hingga pengembangan pariwisata pada umumnya. ”Wisuda mahasiswa Poltekpar tahun ini saja ada 80 orang. Tahun depan, 100 orang,” bebernya. Jadi, lanjutnya baru 180 orang saja dari Poltekpar.

Itu artinya, masih kekurangan 1.320 orang lagi. Itu bisa dipenuhi perguruan tinggi lain, namun tak menutup kemungkinan masih kurang. Ia tidak ingin, peluang yang ada justru ditangkap warga di luar NTB. ”Ini yang saya tidak tahu,” sindirnya terkait kesiapan pemerintah.

Intinya pesan Farid, sudah saatnya pemerintah berbicara tatanan teknis, bukan lagi konseptual. ”Kita (harus,Red) pastikan kita siapkan, karena jangan sampai kita menjadi penonton,” cetus Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Loteng HL Muhammad Putrie, terpisah.

Warga lingkar KEK Mandalika, beber Putrie kini mulai memikirkan hal itu. Buktinya mereka sudah menyekolahkan anak-anaknya hingga perguruan tinggi. ”Inilah peluang yang tidak bisa kita sia-siakan,” ujarnya. (dss/r9)

Berita Lainnya

Angkasa Pura Ingin Jadi Bagian Kesuksesan MotoGP

Redaksi LombokPost

Berwisata di Kolam Renang Matra Praya

Redaksi LombokPost

Jangan Merariq Kodek!

Redaksi LombokPost

Penerbangan Lombok-Perth Baik untuk Pariwisata

Redaksi LombokPost

Masalah Kawasan Prabu Bukan Hanya Tambang

Redaksi LombokPost

Diskominfo Lombok Tengah Data Ulang Jumlah Tower

Redaksi LombokPost

Tampil di JFC, Loteng Bertekad Memukau

Redaksi LombokPost

Target Pendapatan Daerah Rp 2,154 T

Redaksi LombokPost

Cerita H Najamudin, Penyiar Radio 90-an

Redaksi LombokPost