Lombok Post
Tanjung

DP2KBPMD Gelar Lomba TTG

H Kholidi Halil

TANJUNG– mengantisipasi tantangan di era globalisasi, masyarakat dituntut memiliki kemampuan dalam memanfaatkan teknologi tepat guna (TTG). Tujuannya untuk meningkatkan daya saing produk sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di desa. Sebagai leading sektor pembangunan desa, DP2KBPMD KLU berencana menggelar lomba TTG, Senin (29/4) mendatang.

Kepala DP2KBPMD KLU H Kholidi Halil menuturkan, persaingan produk dalam daerah dengan produk luar cukup ketat. Sehingga diperlukan adanya pemanfaatan TTG oleh masyarakat desa.

“Ada beragam TTG yang bisa digunakan  sesuai dengan kebutuhan peningkatan kualitas dan kuantitas produksinya masing-masing,” jelasnya.

Ia berharap lomba ini nantinya bisa  merangsang perkembanganTTG di KLU.  Masyarakat bisa memanfaatkan potensi sumber daya alam (SDA), yang mengarah pada pemberdayaan masyarakat untuk mendorong mereka menjadi pelaku dalam kegiatan ekonomi produktif.  Mereka bisa meningkatkan kualitas mutu dan kuantitas produksi di berbagai sektor usaha.

“Selain itu juga menambah pengetahuan dan wawasan bagi pemerintah para pelaku TTG sendiri,” katanya.

Ia melanjutkan, peserta terdiri dari posyantek kecamatan se-KLU, utusan SMKN dan anggota masyarakat.  Sedangkan materi penilaian nantinya menggunakan kandungan lokal dan biaya investasi teknologi terjangkau. Seperti  memanfaatkan dan mengembangkan teknologi  yang sudah ada di masyarakat. Serta teknologinya ramah lingkungan dan mudah dioperasikan sesuai dengan situasi dan kondisi setempat.

”Hasil karya TTG sudah lulus uji merupakan gagasan asli, terjamin keamanan dan keselamatan bagi penggunan teknologi dan lainnya,” jelasnya.

Melalui lomba TTG ini ia berharap akan banyak masyarakat yang terus berinovasi dan berkarya untuk membuat terobosan baru. Bukan hanya pada saat perlombaan saja, namun berkelanjutan melakukan inovasi dan mencipta karya dangan ilmu pengetahuan yang dimiliki. (fer/r4)

Berita Lainnya

Progres RTG Belum Sesuai Harapan

Bupati Dorong Percepatan Pembangunan di KLU

DASI dan Lombok Post Buka Puasa dengan Korban Gempa

Bapenda Segera Tertibkan Reklame Kedaluarsa

17 Ribu Data Korban Gempa Bermasalah

Jayaboard Restorasi Gedung Sekolah

Pemkab KLU Bakal Datangi Kemenkum HAM RI

Redaksi LombokPost

2.400 Paket Santunan Segera Disalurkan

Lahan Polteknik Vokasi Diklaim Sudah Clear