Lombok Post
Tanjung

Logistik Tiba, PSU Siap Digelar di Kecamatan Tanjung

Dr Zaki Abdillah

TANJUNG-Logistik pemilihan suara ulang (PSU)  untuk tiga TPS di Kecamatan Tanjung tiba di KPU Kabupaten Lombok Utara (KLU). Saat ini, KPU tengah melakukan persiapan menggelar PSU di tiga TPS tersebut, yakni TPS 21 Sorong Jukung, TPS 1 Lading-Lading, dan TPS 20 Cupek Sigar Penjalin.

“Dipastikan PSU di tiga TPS tersebut akan digelar Sabtu besok (27/4),” jelas Komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU KLU Dr Zaki Abdillah, saat ditemui di kantornya kemarin (25/4).

Zaki menuturkan, logistik yang dikirim KPU NTB hanya empat jenis surat suara. Yakni capres dan cawapres, DPD RI, DPR RI, DPD RI, dan DPRD provinsi. Sementara surat suara untuk DPRD kabupaten sudah tersedia di gudang logistik KPU KLU.

Logistik tersebut nantinya akan dipilah sesuai dengan kebutuhan masing-masing TPS. Seperti TPS 1 Lading-Lading hanya menggelar PSU DPRD kabupaten. Sedangkan TPS 20 Cupek Sigar Penjalin menggelar PSU capres dan cawapres saja.

“Kalau TPS 21 Sorong Jukung, PSU untuk pilpres dan pileg,” ungkapnya.

Zaki mengatakan surat suara yang bakal dikirim sebanyak Daftar Pemilih Tetap (DPT) di tiga TPS tersebut. Namun dilebihkan sebanyak 2 persen. Jika dirata-ratakan, tiap TPS sekitar 230-240 pemilih.

“Jumlahnya diakui tidak banyak, mengingat ada dua TPS yang hanya memilih satu jenis surat suara,” katanya.

Ia melanjutkan, beberapa tahapan persiapan PSU sudah dilakukan KPU KLU. Logistik surat suara PSU diperkirakan akan didroping hari ini. Zaki menegaskan, pihaknya sudah mengantisipasi agar kesalahan tidak terjadi lagi saat PSU digelar.

“Kita mengantisipasi semua kemungkinan kesalahan. Kita harapkan kesalahan yang lalu tidak terulang lagi,” tandasnya.

Ia menjelaskan, kasus di TPS 1 Lading-Lading, ada selisih surat suara DPRD kabupaten. Begitu juga di Cupek ada selisih surat suara presiden. Sedangkan di Sorong jukung itu, ada pemilih luar yang ikut memilih.

Mengantisipasi agar kesalahan tersebut tidak kembali terjadi, KPU akan mendampingi anggota KPPS. Begitu juga dengan Bawaslu. (fer/r4)

Berita Lainnya

Pengelolaan Sampah Belum Optimal

Redaksi Lombok Post

Wisman Ikut Rayakan HUT RI

Redaksi Lombok Post

Polri Teliti Tingkat Kepercayaan Masyarakat

Redaksi Lombok Post

Perbaikan Data Anomali Sudah 80 Persen

Redaksi Lombok Post

Ratusan Warga Terima Kunci dan Kartu Garansi RTG Kumac

Redaksi Lombok Post

10 ASN Dapat Predikat ASN Teladan

Redaksi Lombok Post

Karang Taruna Pemenang Timur Latih Pemuda Berwirausaha

Redaksi Lombok Post

Mantan Ketua Komisi III Belum Kembalikan Randis

Redaksi Lombok Post

Antisipasi Kebakaran Lahan, Polres Lombok Utara Bentuk Gahutlah

Redaksi Lombok Post