Lombok Post
NASIONAL

Proses Visa Dimulai, Kemenag Kumpulan Paspor Jamaah

JAKARTA-Persiapan penyelenggaraan ibadah haji terus bergulir. Kini memasuki masa pengajuan visa haji ke Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta. Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag Muhadjirin Yanis menuturkan mulai pekan ini Kemenag pusat menerima kiriman paspor calon jamaah haji (CJH).

Muhadjirin menuturkan pengiriman paspor CJH secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten dan kota. Kemudian dikumpulkan di tingkat kantor wilayah Kemenag provinsi. Lalu baru dikirim ke Kemenag pusat di Jakarta.

“Paspor kan kita sudah siap,” katanya di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta kemarin (1/5).

Muhadjirin bersyukur pemerintah Saudi merevisi aturan perekaman biometrik CJH. Dari yang sebelumnya menjadi syarat pengajuan visa kemudian tidak menjadi syarat. Sehingga proses pemberkasan atau pengajuan visa di Kedutaan Besar Arab Saudi bisa lebih cepat.

Lantas kapan target penuntasan visa haji tersebut? “Selama Ramadan kita akan terus bekerja,” tandasnya. Kemenag memasang target, visa bisa tuntas secepatnya. Khususnya untuk kloter-kloter awal pemberangkatan. Dia mengatakan pengajuan visa haji tidak bisa sekaligus. Sehingga proses pengajuan visa perlu didahulukan kloter yang berangkat lebih awal.

Kemenag berharap seluruh CJH tidak menghadapi keterlambatan visa. Sehingga CJH bisa terbang menuju Madinah atau Makkah sesuai dengan jadwalnya. “Kita harapkan tidak ada lagi nanti orang yang akan berangkat tapi visanya belum ada,” jelasnya.

Muhadjirin menuturkan kloter-kloter awal pemberangkatan ada di beberapa Embarkasi. Termasuk Embarkasi Jakarta (CGK) yang terdiri dari jamaah asal Provinsi Jakarta, Banten, dan Lampung. Muhadjirin menuturkan CJH mulai masuk asrama haji tanggal 6 Juli. Kemudian diterbangkan ke Madinah pada 7 Juli.

Penerbangan terakhir CJH menuju Saudi dilaksanakan pada 5 Agustus. Puncak haji yakni wukuf di Arafah digelar pada 10 Agustus. Lantas awal pemulangan CJH ke tanah air dimulai 17 Agustus. Kemudian pemulangan paling akhir dari Madinah menuju tanah air pada 15 September. (wan/JPG/r6)

Berita Lainnya

Ada OPM di Balik Kerusuhan Papua

Redaksi LombokPost

Kelompok Agitator di Balik Kerusuhan

Redaksi LombokPost

Stop Diskriminasi Masyarakat Papua

Redaksi LombokPost

UAS Dilaporkan ke Bareskrim

Redaksi LombokPost

MotoGP Lombok Tak Akan Mundur

Redaksi LombokPost

Prajurit Asal NTB Gugur di Papua

Redaksi LombokPost

Tenda di Mina Penuh Sesak, Ruang Satu Jamaah Hanya 0,8 Meter Persegi

Redaksi LombokPost

Peserta Safari Wukuf Diperkirakan Berkurang

Redaksi LombokPost

Megawati Pimpin PDIP untuk Kelima Kalinya

Redaksi LombokPost