Lombok Post
Headline Tanjung

Lahan Polteknik Vokasi Diklaim Sudah Clear

Dr Fauzan Fuad

TANJUNG-Keinginan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU) menjadikan pokteknik vokasi menjadi sebuah perguruan tinggi negeri terkendala lahan. Lahan yang tersedia, ternyata berada dalam kawasan rencana pembangunan mega proyek Bandar Internasional Kayangan atau Global Hub.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) KLU DR Fauzan mengakui persoalan lahan tersebut menjadi salah satu bahasan terkait rencana pembangunan kampus vokasi itu. Namun pada prinsipnya sudah tidak ada persoalan. Pemkab hanya membutuhkan 10 hektare lahan saja dari total luas lahan yang akan dibutuhkan Global Hub sebanyak 10 ribu hektare.

“Memang tidak ada pilihan lain, pemkab hanya bisa memanfaatkan lahan yang ada di Amor-amor itu,” ujarnya kemarin (10/5).

Dikatakan, yang terpenting saat ini pihaknya menyerahkan lahan tersebut. Nantinya ketika Global Hub mulai dibangun, keberadaan lahan kampus ini akan dibicarakan lagi di tingkat kementerian.

“Syarat untuk dibangunnya politeknik itu, pemkab harus menyiapkan lahannya. Artinya kita harus menyerahkan 10 hektare lahan itu kepada pusat untuk dijadikan perguruan tinggi vokasi,”jelasnya.

Menurutnya kalaupun nantinya kampus tersebut dipindahkan,  pemerintah pusat bisa saja membebaskan lahan yang lain. Opsi lain, bisa saja rancangan Global Hub yang akan disesuaikan lagi, dengan tidak menghilangkan keberadaan kampus tersebut.

“Terlebih lagi disana sudah ada Mako Brimob juga, apakah nanti terintegrasi dengan Global Hub atau tidak, nanti dilihat lagi,”pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR KLU M. Zaldy Rahardian mengungkapkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Global Hub. Sejauh ini sudah tidak ada masalah lagi. Menyangkut persoalan yang di tahun 2018 hanya masalah izin pemanfaatan tanah. Sedangkan terkait izin penggunaan tanah baru muncul tahun ini.

“Kalau yang masuk di tahun 2018, tidak ada masalah lagi. Karena sejak awal sebelum ada wacana sudah diketahui lahan 10 hektare Amor-amor kayangan itu untuk kampus vokasi,”jelasnya. (fer/r4)

Berita Lainnya

Pengelolaan Sampah Belum Optimal

Redaksi Lombok Post

5 Pilihan Oleh-oleh Khas Taiwan yang Wajib Kamu Beli

Redaksi Lombok Post

Promo Special dan Hiburan Rakyat jadi Daya Tarik SAFARI FIFGROUP 2019

Redaksi Lombok Post

Telkomsel Hadirkan Kuota Keluarga

Redaksi Lombok Post

Wisman Ikut Rayakan HUT RI

Redaksi Lombok Post

Duta Bahasa NTB Juara Favorit

Redaksi Lombok Post

BUMN Gelar Jalan Sehat dan Pasar Murah di Mataram

Redaksi Lombok Post

Ayo Dukung Duta Bahasa NTB

Redaksi Lombok Post

Protes Warga Tak Mempan, Dewan Siap Paparkan Hasil Kunker

Redaksi Lombok Post