Lombok Post
Tanjung

Lebaran Topat Dipusatkan di Pantai Sira

LEBARAN TOPAT: Bupati KLU H Najmul Akhyar dan Wakil Bupati Sarifudin dan sejumlah kepala OPD KLU saat menghadiri kegiatan lebaran topat di Pantai Sedayu, Kecamatan Gangga, tahun lalu.

TANJUNG-Tradisi lebaran topat (ketupat) juga ada di Kabupaten Lombok Utara (KLU). Tradisi ini mendapata dukungan Pemerintah KLU. Nantinya Pantai Sira, Desa Sigar Penjalin, Kecamatan Tanjung menjadi pusat perhelatan tradisi tahunan tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) KLU Vidi Eka Kusuma mengungkapkan, lebaran topat di Pantai Sira akan digelar 12 Juni mendatang. Akan banyak acara menarik yang akan disuguhkan pada momen ini.

“Kita akan coba buat kegiatan yang berbeda dengan tahun lalu,” ungkapnya, kemarin (10/6).

Menurut Vidi, kegiatan tersebut terbuka untuk masyarakat umum. Di mulai dari pukul 09.00 Wita hingga pukul 17.00 Wita. Kegiatan diawali dengan parade dulang pesaji yang diikuti semua peserta dari lima kecamatan. Selanjutnya ada hiburan rakyat berupa band, hingga atraksi tarian adat budaya khas KLU.

“Nanti ada penilaian dari lomba dulang itu, dan kita tambahkan ada penceramah dari salah satu ustad,” katanya.

Gelaran lebaran topat dijadikan momen untuk promosi pariwisata daerah. Untuk itu Disbudpar telah mengundang sejumlah tamu hotel di sekitar Pantai Sira untuk hadir ke lokasi acara. Diharapkan para wisatawan yang hadir dapat menikmati suguhan acara setahun sekali itu.

“Kita juga mengundang beberapa pelaku wisata untuk ikut mendatangkan tamu ke lokasi acara. Karena acara ini bukan hanya pagelaran budaya tapi promosi wisata,” bebernya.

Vidi melanjutkan, pihaknya sudah menggelar rapat koordinasi untuk mempersiapkan acara tersebut. Rapat menghadirkan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait beserta. Koordinasi juga dilakukan dengan aparat kepolisian yang mengamankan sejumlah titik keramaian saat lebaran topat mendatang.

 “Ada beberapa titik pantai yang biasa ramai seperti Malimbu dan Pandanan. Tidak menutup kemungkinan yang hadir nanti bukan hanya warga KLU tetapi juga dari luar,” jelasnya. Ia berharap kegiatan ini akan berdampak terhadap pariwisata KLU. (fer/r4)

Berita Lainnya

Pengelolaan Sampah Belum Optimal

Redaksi Lombok Post

Wisman Ikut Rayakan HUT RI

Redaksi Lombok Post

Polri Teliti Tingkat Kepercayaan Masyarakat

Redaksi Lombok Post

Perbaikan Data Anomali Sudah 80 Persen

Redaksi Lombok Post

Ratusan Warga Terima Kunci dan Kartu Garansi RTG Kumac

Redaksi Lombok Post

10 ASN Dapat Predikat ASN Teladan

Redaksi Lombok Post

Karang Taruna Pemenang Timur Latih Pemuda Berwirausaha

Redaksi Lombok Post

Mantan Ketua Komisi III Belum Kembalikan Randis

Redaksi Lombok Post

Antisipasi Kebakaran Lahan, Polres Lombok Utara Bentuk Gahutlah

Redaksi Lombok Post