Lombok Post
Tanjung

Pemdes Tidak Boleh Arahkan Pokmas

H Kholidi Halil

TANJUNG-Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) juga bisa ikut berperan dalam percepatan proses rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa di Kabupaten Lombok Utara (KLU). Melalui Bumdes Mart, Bumdes bisa menyediakan kebutuhan rehab rekon masyarakat untuk pembangunan rumah tahan gempa (RTG).

“Meski begitu, kami meminta pemerintah desa (pemdes) tidak mengarahkan apalagi memaksakan pokmas terkait pembelian material RTG nantinya,” ujar Kepala DP2KBPMD KLU H Kholidi Halil, kemarin (10/6).

Kholidi menuturkan, pihaknya maupun pemdes tidak boleh mengarahkan pokmas untuk membeli material RTG dari Bumdes. Hal ini dikarenakan Bumdes bersifat menjalankan usaha.

“Tapi kalau ketua kelompoknya mau belanja di Bumdes ya silakan,” sambungnya.

Ia melanjutkan, Bumdes dipersilakan menyediakan material RTG. Apalagi dengan harga yang bersahabat bagi warga. Namun tentunya harus sesuai dengan ketentuan. “Jangan sampai ada timbul pemikiran ada yang bermain. Itu tidak boleh,” tegasnya.

Kholidi mengatakan, dugaan tersebut bisa saja muncul pada Bumdes. Sebab itu, ia lebih menyarankan untuk tidak melanggar batas-batas ketentuan yang ada. Seperti ikut terjun mengerjakan RTG hingga bekerja sama dengan pihak-pihak tertentu.

“Jadi intinya tidak boleh begitu karena nanti akan ada indikasi, biarkan saja berjalan sesuai aturan,” tandasnya. (fer/r4)

Berita Lainnya

Wisman Ikut Rayakan HUT RI

Redaksi Lombok Post

Polri Teliti Tingkat Kepercayaan Masyarakat

Redaksi Lombok Post

Perbaikan Data Anomali Sudah 80 Persen

Redaksi Lombok Post

Ratusan Warga Terima Kunci dan Kartu Garansi RTG Kumac

Redaksi Lombok Post

10 ASN Dapat Predikat ASN Teladan

Redaksi Lombok Post

Karang Taruna Pemenang Timur Latih Pemuda Berwirausaha

Redaksi Lombok Post

Mantan Ketua Komisi III Belum Kembalikan Randis

Redaksi Lombok Post

Antisipasi Kebakaran Lahan, Polres Lombok Utara Bentuk Gahutlah

Redaksi Lombok Post

Dewan Baru Harus Lebih Baik

Redaksi Lombok Post