Lombok Post
NTB

Pemprov Ingin Berkontribusi, Tak Sekadar Memantau Pilkada Serentak 2020

H Irnadi Kusuma

MATARAM-Tujuh daerah akan mengikuti pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020. Sebagai perwakilan pusat, Pemprov NTB akan mengawal proses penyelenggaraan pilkada. Mereka ingin memastikan pemilihan berjalan aman.

Kepala Biro Pemerintahan Setda NTB H Irnadi Kusuma menjelaskan, pemprov ingin lebih berperan dalam penyelenggaraan Pilkada 2020. Terutama untuk menjamin kesiapan penyelenggaraan pilkada. Mulai dari kesiapan daerah, kondisi keamanan hingga kesiapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara.  ”Kami tidak mau sekadar memantau, betul-betul kami ingin memberikan kontribusi yang signifikan,” katanya.

Dalam waktu dekat pemprov akan mengumpulkan perwakilan daerah yang akan menggelar pesta demokrasi. Seperti Pemkot Mataram, Pemkab Lombok Utara, Lombok Tengah, Sumbawa, Sumbawa Barat, Dompu dan Kabupaten Bima. ”Kami ingin berkoordinasi untuk mengetahui kesiapan tiap daerah,” katanya.

Koordinasi bisa dilakukan secara berkala untuk memantau kondisi semua derah. Selain itu, keberadaan desk pilkada juga akan dioptimalkan. Mereka tidak mau seperti desk dalam pemilu dan pilpres beberapa waktu lalu. ”Kami ingin membantu KPU untuk menyukseskan pemilihan,” katanya.

Terpisah, Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik Dalam Negeri (Bakesbangpol) NTB H Lalu Syafi’i mengatakan, masyarakat sudah cukup dewasa dalam berdomokrasi. Dia harap penyelenggaran Pilkada 2020 juga berjalan aman dan lancar. Tidak ada kericuhan dan ketegangan berlebihan. ”Kita sama-sama menjaga kondusivitas daerah,” katanya. (ili/r5)

Berita Lainnya

Pengelolaan Dana Transfer Jadi Tantangan

Redaksi LombokPost

Tenaga Kesehatan Harus Punya STR

Redaksi LombokPost

Investor Sekaroh Kena Tegur

Redaksi LombokPost

Pemprov Dorong Advokasi Maksimal

Redaksi LombokPost

Illegal Logging Hantui Tambora

Redaksi LombokPost

Benahi Fasilitas Objek Wisata !

Redaksi LombokPost

Pemprov Jamin Anggaran Berkualitas

Redaksi LombokPost

NTB Didorong Masuk CoST Internasional

Redaksi LombokPost

IKPI Mataram Gelar Seminar Pajak Internasional

Redaksi LombokPost