Lombok Post
Selong

JCH Lotim Naik 40 Persen

MANASIK HAJI: Sekda Lotim H Rohman Falry memberikan sambutan pada saat manasik haji di Masjid Agung Al Mujahidin Selong, kemarin (13/6).

MATARAM-Sebanyak 1.232 jamaah calon haji (JCH) asal Lombok Timur (Lotim) bakal diterbangkan ke Tanah Suci. Mereka sudah menyelesaikan syarat administrasi.

Kepala Kemenag Lotim H Azharuddin mengatakan, jumlah jamaah tahun ini lebih banyak dibanding tahun lalu. Sebelumnya, tercatat jamaah haji tahun lalu hanya 835 orang. “Sekarang peningkatannya mencapai 40 persen yaitu 1.232 jamaah,” kata Azharuddin, kemarin (13/6).

Awalnya, jamaah haji yang terdaftar sebanyak 1.127 orang. Kemudian ada tambahan sebanyak 42 orang. “Tambahan pertama untuk reguler sebanyak 27 orang, ditambah 27 orang lansia,” terangnya.

Sementara itu, keberangkatan jamaah haji akan dibagi menjadi tiga kloter. Dua kloter utuh dan satu kloter campuran. Kloter pertama akan masuk asrama pada 6 Juli. ”Selanjutnya terbang ke Makkah pada 7 Juli,” ungkapnya.

Sementara itu, kloter kedua masuk asrama tanggal 12 Juli. Selanjutnya, esok harinya diterbangkan ke Tanah Suci. ”Hanya sehari tinggal di asrama haji,” jelasnya.

Kloter campuran yang diberangkatkan sebanyak 332 orang. Kemungkinan besar, kloter ini akan diberangkatkan dengan kloter haji Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). ”Itu untuk menutupi satu kloter haji. Dan kloter haji campuran diberangkatkan pada 17 Juli mendatang,” terangnya.

Dari catatan kemenag, ada satu jamaah yang tidak bisa berangkat atas nama Syafrudin. Alasannya, karena, terkendala usia. ”Maksimal lansia berusia 65 tahun. Kalau lewat dari itu, langsung ditolak sistem,” kata dia.

Azharuddin berharap semua JCH yang berangkat selalu diberikan kesehatan. Dari sejak persiapan pemberangkatan hingga pulang ke tanah air lagi. “Mudahan semua berjalan dengan lancar dan menjadi haji yang mabrur,” pungkasnya. (arl/r5)

Berita Lainnya

Rohman Mantap Pilih Jalur Independen

Redaksi LombokPost

Masyarakat Harus Lebih Selektif!

Redaksi LombokPost

Spesialis Pencuri Mobil Ditangkap Polisi

Redaksi Lombok Post

80.584 Anak Belum Punya Akta

Redaksi Lombok Post

Sengketa Lahan Ancam Investasi

Redaksi Lombok Post

Di Balik Alasan Jukir RSUD dr R Soedjono Selong Mempertahankan Kehendaknya (2-Habis)

Redaksi Lombok Post

FK UI Gelar Pelatihan di Sembalun

Redaksi LombokPost

Warga Selong Tertangkap Bawa Setengah Kilo Sabu

Redaksi LombokPost

Belanja Murah di Pasar Jumat Pancor

Redaksi LombokPost