Lombok Post
Politika

Siapa Berani Lawan Najmul?

H Najmul Akhyar

MATARAM-Sejumlah  figur muncup dan digadang-gadang bakal bertarung di Pilkada Kabupaten Lombok Utara (KLU). Petahana Bupati KLU H Najmul Akhyar dan H Djohan Sjamsu merupakan dua nama yang telah muncul di permukaan.

DPW PKB sendiri mengatakan sedang menggalang dukungan buat Djohan. Sedangkan DPD Partai Demokrat NTB, juga tidak mau kalah langkah. Memberi kode merestui Najmul.

Melalui sambungan telpon Najmul menyampaikan kepada Lombok Post dirinya pada dasarnya mengapresiasi dukungan positif DPD Partai Demokrat NTB bagi dirinya.

“Terima kasih atas kepercayaan itu, bila memang mengerucut mencalonkan saya itu suatu kewajaran,” kata Najmul.

Rencana pencalonan kembali Najmul menjadi calon Bupati KLU sempat muncul friksi-friksi. Musababnya, beberapa manuver politik yang dilakukan Najmul yang dinilai bertentangan dengan garis perintah partai.

Salah satunya saat Najmul secara terbuka pada pilres 2019 kemarin mendukung pasangan calon (Paslon) 01 H Joko Widodo-KH Makruf Amin. Sementara Partai Demokrat memilih melabuhkan dukungannya pada paslon 02 H Prabowo Subianto-H Sandiaga Uno.

Saat itu, Najmul mengungkapkan alasan mendukung Paslon 01 karena ingin tetap menjalin komunikasi yang baik dengan pemerintah pusat. Menyusul bencana gempa bumi yang melanda 2018 lalu.

“Demi kepentingan seluruh masyarakat Lombok Utara,” kata Najmul, mengungkapkan alasannya.

Pemerintah pusat diketahui belakangan memberikan perhatian besar pada proses rehabilitasi dan rekonstruksi rumah yang terdampak bencana di KLU. Najmul ingin proses itu terus berlanjut, tanpa terganggu karena keputusan pandangan politik.

Sementara itu, ditanya tentang persiapan menghadapi Pilkada 2020, Najmul mengaku belum terlalu intens melakukan komunikasi politik.

“Saya masih fokus menyelesaikan amanah menjadi Bupati,” kata Najmul.

Namun demikian berbagai peluang untuk bertarung melawan sejumlah tokoh, salah satunya mantan ‘sejolinya’ memimpin KLU Djohan Sjamsu, ia tak gentar. Dirinya siap memberikan upaya terbaik untuk melanjutkan lagi pembangunan di KLU.

“saya yakin Demokrat juga mendukung, karena saya ketuanya di sini (DPC),” tandasnya.

Sebelumnya Mahally Fikri, Ketua DPD Partai Demokrat NTB memberi isyarat sikap partai untuk mendukung Najmul di Pilkada 2020 nanti. Dukungan itu, mengingat popularitas dan elektabilitas Najmul sejauh ini dinilai paling tinggi dibanding kader demokrat yang lain.

“Partai Demokrat wajib mendukung kader dengan popularitas dan elektabilitas yang tinggi,” tegas Mahally. (zad/r2)

Berita Lainnya

Djohan Incar Syarif

Redaksi LombokPost

PKS Buka Peluang Bentuk Poros Sendiri

Redaksi LombokPost

Ismul atau Jafri, Mana Lebih Sakti?

Redaksi Lombok Post

Jalan Suhaili Menyambung Dinasti

Redaksi Lombok Post

Protes Warga Tak Mempan, Dewan Siap Paparkan Hasil Kunker

Redaksi Lombok Post

Ali: Dinda Seharusnya Tak Tenang

Redaksi LombokPost

Jangan Ada Evi Kedua!

Redaksi LombokPost

Sekda Lotim Incar Wali Kota Mataram

Redaksi Lombok Post

Pelantikan Wakil Rakyat 5 Daerah Molor

Redaksi LombokPost