Lombok Post
Praya

Wabup Pathul Minta Genjot Program Kerja

SERAH TERIMA: Wakil Bupati HL Pathul Bahri (kiri), saat menyerahkan dokumen sambutan kepada Pimpinan Sidang DPRD Lombok Tengah H Puaddi FT, Kamis sore (13/6) kemarin.

PRAYA-Pertanyaan, masukan, dan kritik yang disampaikan sembilan fraksi DPRD Lombok Tengah dijawab secara resmi Wakil Bupati HL Pathul Bahri, dalam sidang paripurna, Kamis sore (13/6) kemarin. Wabup menyadari, memang ada beberapa program kerja yang perlu digenjot lagi.

”Kendati demikian, kita bersyukur karena kita mendapatkan predikat WTP dari BPK RI,” ujarnya.

Opini tersebut katanya, menunjukkan keberhasilan pemkab mengelola keuangan dan aset daerah.

Terkait rendahnya pendapatan asli daerah (PAD), itu karena beberapa faktor. Diantaranya, keterlambatan pengajuan klaim BPJS dari beberapa puskesmas, retribusi pasar yang masih minim, belum optimalnya pengelolaan lokasi parkir, dan belum diterealisasinya retribusi tower.

Sejalan dengan itu, pemkab tegasnya tetap berkomitmen menyukseskan pembangunan daerah dan pembangunan masyarakat. Salah satunya, dibidang peningkatan sumber daya manusia. Yang sudah dijalankan, pembangunan unit sekolah baru, membuka sekolah dasar (SD) dan SMP satu atap.

Kemudian, bagi permukiman warga yang jumlah anak usia sekolah sedikit, diberikan akses program SMP terbuka dan program paket. Bagi anak berkebutuhan khusus (ABK), disiapkan pengembangan pendidikan inklusi.

Pemkab juga tetap memperhatikan insentif bagi guru tidak tetap (GTT), baik PAUD, SD maupun SMP. Itu sesuai kemampuan APBD.

”Kami berharap, kedepan PAD ditingkatkan lagi,” seru Ketua Komisi III DPRD Loteng HM Mayuki. Dengan begitu, daerah tidak bergantung dengan pemerintah pusat semata.

Mayuki menilai, pemkab mampu menjalankannya. ”Apalagi, program pariwisata daerah yang mulai mendunia, setelah adanya KEK Mandalika, Insya Allah,” cetusnya. (dss/r9)

Berita Lainnya

Angkasa Pura Ingin Jadi Bagian Kesuksesan MotoGP

Redaksi LombokPost

Berwisata di Kolam Renang Matra Praya

Redaksi LombokPost

Jangan Merariq Kodek!

Redaksi LombokPost

Penerbangan Lombok-Perth Baik untuk Pariwisata

Redaksi LombokPost

Masalah Kawasan Prabu Bukan Hanya Tambang

Redaksi LombokPost

Diskominfo Lombok Tengah Data Ulang Jumlah Tower

Redaksi LombokPost

Tampil di JFC, Loteng Bertekad Memukau

Redaksi LombokPost

Target Pendapatan Daerah Rp 2,154 T

Redaksi LombokPost

Cerita H Najamudin, Penyiar Radio 90-an

Redaksi LombokPost