Lombok Post
Giri Menang

Ini Janji Terbaru Farin!

Nauvar Furqony Farinduan

GIRI MENANG-Rencana Pemerintah Provinsi NTB memindahan kampus Universitas Mataram ke luar wilayah Kota Mataram mendapat respons dari sejumlah pihak. Salah satunya dari kalangan politisi Partai Gerindra asal Lobar, Nauvar Furqony Farinduan. Farin, sapannya menyatakan dukungan jika Unram bakal dipindah ke Lobar.

“Saya sangat mendukung dan harus di perjuangkan. Yang paling tepat sebaiknya ditempatkan di Lombok Barat,” janji Farin, kemarin (18/6).

Pria yang lolos jadi Anggota DPRD Provinsi NTB periode 2019-2024 ini mengaku, Lobar saat ini memang membutuhkan keberadaan universitas. Sebagai salah satu indikator untuk kemajuan pembangunan daerah. Sehingga, untuk merealisasikan hal tersebut, ia meminta agar Pemprov NTB bijaksana dan objektif melihat perspektif pemerataan dalam penentuan tempat relokasi Unram.

Apalagi, setelah terpisahnya kota Mataram dari Lobar pembangunan dua daerah ini terkesan timpang. Hingga saat ini Lobar belum memiliki laboratorium atau lembaga pendidikan di jenjang pendidikan tinggi seperti sebelumnya. “Kita di Lobar belum memiliki universitas sampai dengan saat ini,” katanya.

Selama ini, beberapa daerah seperti di Lombok Tengah telah memiliki  IPDN dan juga kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata (STIPAR). Belum lagi di Kabupaten Lombok Timur sudah berdiri beberapa kampus ternama seperti Universitas Hamzanwadi, Universitas Gunung Rinjani, hingga beberapa universitas lainnya.

Dengan kondisi ini, Farin meminta kepada Pemda Lobar  harus lebih agresif lagi melakukan pendekatan kepada pemerintah provinsi agar kampus Unram bisa dibangun di Lobar. Persoalan lokasi pembangunan, Lobar dikatakannya memiliki lahan yang cukup luas. Sehingga ketersediaan lahan untuk pembangunan kampus tersebut, sangat berpeluang besar bisa di bangun di Lobar.

Selain Farin, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Lobar Lalu Winengan juga menyampaikan rasa optimistisnya jika Unram akan dipindahkan ke Lobar. “Unram besok dibangun di Lombok Barat,” yakinnya beberapa waktu lalu ditemui di ruang kerjanya.

Sementara Sekda Lobar HM Taufiq juga menegaskan Pemkab Lobar siap menangkap peluang pemindahan Unram ke Lobar. “Jika memang ditempatkan di Lobar kami siap menangkap peluang itu,” ucapnya. (ton/r3)

Berita Lainnya

Korban Gempa Tagih Janji Jokowi!

Redaksi LombokPost

Satu Sapi dan Tiga Kambing Tak Layak Sembelih

Redaksi LombokPost

Senggigi Butuh Jualan Baru!

Redaksi LombokPost

Farin Langsung Bidik Kursi Bupati

Redaksi LombokPost

Aparat Diminta Usut Perjalanan Dinas Dewan Lobar

Redaksi LombokPost

Rp 595 Juta Kerugian Negara Belum Kembali!

Redaksi LombokPost

Dermaga Rusak, Antrean Truk Mengular

Redaksi LombokPost

Tegur Sudah, Segel Sudah, Bongkarnya Tunggu Apalagi?

Redaksi LombokPost

Pedagang Ingin Kembali ke Pasar Lama Gunungsari

Redaksi LombokPost