Lombok Post
Praya

PPK Penanganan Pascagempa Diganti

INI DOKUMENNYA: Kepala BPBD Lombok Tengah H Muhamad menunjukkan dokumen rencana aksi penanganan pascagempa, kemarin (19/6).

PRAYA-Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Tengah H Muhamad, mengunduran diri sebagai pejabat pembuat komitmen (PPK) penanganan pascagempa. Bukan karena  ada masalah, tapi lebih kepada pembagian tugas dan mempercepat program kerja daerah. ”Yang menggantikan saya, atas nama HL Erwin Rahman, Staf BPBD Loteng,” katanya, kemarin (19/6).

Bawahannya itu juga memiliki sertifikat PPK, sehingga tidak perlu diragukan lagi kemampuannya. Khususnya, menyangkut urusan pengelolaan anggaran. Selain dirinya, bendahara pembantu pengeluaran (BPP), juga ikut mengundurkan diri. Diganti dengan nama baru, Muhammad Sidik. Dengan perubahan tersebut diharapkan akan mempercepat penanganan pascagempa.

Perubahan itu sudah dilaporkan ke bupati. Termasuk berkonsultasi dan berkoordinasi dengan Sekda HM Nursiah. ”Alhamdulilah, beliau-beliau memaklumi,” ujarnya.

Selanjutnya, mantan kabag Aset Setda Loteng tersebut berkonsentrasi menyelesaikan tugas utamanya sebagai kepala BPBD Loteng. Program kerja BPBD dikatakan sudah lama menumpuk, banyak yang belum dikerjakan. Disatu sisi, evaluasi kinerja mulai diterapkan. Jangan sampai satu program jalan, tapi yang satunya lagi tidak. ”Dengan begini, semua program pemerintah berjalan. Insya Allah,” cetusnya.

Selanjutnya dia menyerukan para fasilitator, kelompok masyarakat (Pokmas), Babinsa, Babinkamtibmas, dan pihak berwenang lainnya berhubungan dengan PPK dan BPP yang baru.

Surat keputusan (SK) keduanya, masih diproses di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Kendati demikian, mereka sudah mulai bekerja. ”Prinsipnya, penanganan pascagempa harus dilaksanakan sesuai target, harus dipercepat. Itu yang penting,” pesan Anggota Komisi III DPRD Loteng M Tauhid, terpisah. (dss/r9)

Berita Lainnya

Angkasa Pura Ingin Jadi Bagian Kesuksesan MotoGP

Redaksi LombokPost

Berwisata di Kolam Renang Matra Praya

Redaksi LombokPost

Jangan Merariq Kodek!

Redaksi LombokPost

Penerbangan Lombok-Perth Baik untuk Pariwisata

Redaksi LombokPost

Masalah Kawasan Prabu Bukan Hanya Tambang

Redaksi LombokPost

Diskominfo Lombok Tengah Data Ulang Jumlah Tower

Redaksi LombokPost

Tampil di JFC, Loteng Bertekad Memukau

Redaksi LombokPost

Target Pendapatan Daerah Rp 2,154 T

Redaksi LombokPost

Cerita H Najamudin, Penyiar Radio 90-an

Redaksi LombokPost