Lombok Post
Headline Politika

Adik Gubernur Didorong Maju di Pilbup Sumbawa

SIMBOL PARTAI: Bendera PKS berkibar di kantor DPW PKS NTB, Kamis (20/6).

MATARAM-Birkorat Dewi Noviany, masuk dalam radar calon Kepala Daerah di Sumbawa oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Wanita yang Januari 2019 lalu, baru menikmati promisinya sebagai Kasubag TU, di Balai Pemanfaatan dan Pengamanan Aset Daerah pada BPKAD Provinsi NTB, itu diprediksi jadi kandidat kuat di sana.

Novi disebut, kuat karena ia adik kandung Gubernur NTB H Zulkieflimansyah. Citra sang kakak, dinilai dapat mendongkrak popularitas hingga elektabilitasnya.

Ketua DPW PKS NTB H Abdul Hadi, saat dikonfirmasi terkait pilkada 2020 Sumbawa, langsung nyeletuk menyebut nama ibu tiga anak ini.

“Novi?” kata Hadi, sembari tersenyum.

Latar belakang Novi sendiri diketahui pendidik. Terlihat dari gelarnya sebagai sarjana pendidikan. Istri dari Agus Mustamin ini bahkan disebut-sebut mulai banyak dilirik politisi untuk berpasangan.

Nama Novi cukup populer di Sumbawa. Terutama wilayah Timur, Utara, dan Selatan. Simpul kekuatan Novi tidak hanya dari popularitas. Tetapi juga perannya sebagai istri camat di daerahnya, membuat ia punya basis massa dari kalangan ibu-ibu yang ia berdayakan selama ini. Hingga militansi tim sukses di balik pemenangan Gubernur Zul.

“Sebenarnya tokoh di sana banyak, ada Pak Sambirang,” contohnya.

Lalu ada juga para caleg asal PKS yang mendulang suara tinggi pada pilkada lalu. Semuanya berpeluang didorong PKS. Hadi sendiri mengatakan, DPW PKS NTB masih membuka peluang cukup lebar. Pada siapa saja yang tertarik mencalonkan diri sebagai Kepala Daerah. Tidak hanya pada Novi.

“Besok (hari ini, Red) langsung mau turun ke daerah-daerah, sekaligus halal-bilahal dan menyampaikan pada kader yang punya potensi sebagai pemimpin di daerahnya, kami kasih peluang,” ujarnya.

Di Sumbawa, PKS berhasil meraih empat kursi. Sekaligus mengamankan satu kursi pimpinan dewan. Hadi menjamin proses pemilihan bakal calon kepala daerah dari PKS akna dilakukan secara terbuka.

“Ya melalui itu (Pemira) nanti akan diukur dari sisi kuantitas (jumlah dukungan) dan kalau dia cocok diterima masyarakat, ya kita dorong,” ujarnya.

Popularitas Novi dikabarkan di atas kader PKS lain. Hingga membuat HM Husni Djibril, Bupati Sumbawa kepincut menggandeng Novi. Memunculkan obsi koalisi PDIP-PKS. (zad/r2)

Berita Lainnya

Djohan Incar Syarif

Redaksi LombokPost

PKS Buka Peluang Bentuk Poros Sendiri

Redaksi LombokPost

Telkomsel Hadirkan Kuota Keluarga

Redaksi Lombok Post

Ismul atau Jafri, Mana Lebih Sakti?

Redaksi Lombok Post

Jalan Suhaili Menyambung Dinasti

Redaksi Lombok Post

Duta Bahasa NTB Juara Favorit

Redaksi Lombok Post

BUMN Gelar Jalan Sehat dan Pasar Murah di Mataram

Redaksi Lombok Post

Ayo Dukung Duta Bahasa NTB

Redaksi Lombok Post

Protes Warga Tak Mempan, Dewan Siap Paparkan Hasil Kunker

Redaksi Lombok Post