Lombok Post
Politika

PAN Pasang BJS di Sumbawa

SIMBOL PARTAI: Kantor DPW PAN NTB dipenuhi bendera partai yang terpasang di pagarbeberapa waktu lalu.

MATARAM-HM Husni Jibril, Bupati Petahana di Sumbawa bakal dapat tantangan politik tak mudah. Kader-kader terbaik partai politik (parpol) dan putra daerah Sumbawa, satu-persatu mulai tampil menantang sang petahana.

Pilkada 2020 pun sepertinya tak akan mudah bagi politisi PDI Perjuangan itu untuk melawan para penantang, hingga memilih pasangannya.

Tantangan terbaru, datang dari kader Partai Amanat Nasional (PAN). Adalah ketua DPW PAN NTB H Muazzim Akbar yang mendorong H Burhanuddin Jafar Salam (BJS) untuk ikut dalam kotestasi politik.

“Kita dorong Pak BJS di sana maju,” kata Muazzim.

Ia menilai sosok Ketua DPD PAN Sumbawa itu punya pamor kuat. Mengubah peta politik Sumbawa apabila maju. Majunya BJS nanti sebenarnya tidak hanya dibatasi ada di barisan penatang petahana. Muazzim membuka peluang BJS didorong mendampingi petahana.

“Yang jelas kita ingin ada di posisi yang menang, nanti kita lihat survei,” lanjutnya.

 Karenannya komunikasi politik dengan partai lain tengah dibangun. Muazzim mengatakan, pilihan mengusung kader sendiri sudah jadi keharusan. Ia mengatakan mendukung kader partai lain acap kali membuat partai PAN merasa rugi secara politik.

“Kadang kalau sudah jadi, lupa pada partai pengusungnya,” cetusnya.

Apalagi kalau sudah mengusung calon yang akhirnya kalah. Kerugian yang diderita partai menurutnya ganda. Rugi secara tenaga juga rugi secara pilihan politik.

Sebelumnya tantangan petahana juga datang partai Golkar. Tak tanggung-tanggung partai berlambang beringin itu menyodorkan empat nama pada publik, sebagai kandidat yang akan bertarung di pilkada Sumbawa 2020.

“Saya rasa banyak ya ada Pak Hafid (Hafied Awad), Pak Rahman (Rahman Alamudy),” kata Isvie Rupaeda, Ketua Bappilu Golkar NTB.

Selain itu, ada juga mencuat nama H Nurdin Marjuni dan H Farhan Bulkiah. Total, empat nama yang diusung untuk bertarung dalam pilkada 2020 Sumbawa. Ini juga menempatkan partai warisan orde baru itu memastikan ikut berpartisipasi. Tidak hanya sebagai penonton.

“Tentu kita optimis,” yakin Isvie. (zad/r2)

Berita Lainnya

Gonjang Ganjing Partai Beringin

Redaksi Lombok Post

HRF : Smart City itu Kunci!

Redaksi Lombok Post

Empat Tahun, Bisa Balik Modal Nggak?

Redaksi Lombok Post

Djohan Incar Syarif

Redaksi LombokPost

PKS Buka Peluang Bentuk Poros Sendiri

Redaksi LombokPost

Ismul atau Jafri, Mana Lebih Sakti?

Redaksi Lombok Post

Jalan Suhaili Menyambung Dinasti

Redaksi Lombok Post

Protes Warga Tak Mempan, Dewan Siap Paparkan Hasil Kunker

Redaksi Lombok Post

Ali: Dinda Seharusnya Tak Tenang

Redaksi LombokPost