Lombok Post
NTB

Tenaga Kesehatan Harus Punya STR

MELANTIK: Ketua HAKLI NTB Ali Wardana memandu pengucapan sumpah profesi di aula kantor Bapelkes NTB, Sabtu (22/6).

MATARAM-Himpunan Ahli Kesehatan (Hakli) Kota Mataram menggelar acara pengambilan sumpah profesi tenaga kesehatan. Acara itu digelar di aula kantor Balai Pelatihan kesehatan (Bapelkes) NTB, Sabtu (22/6).

Ketua HAKLI NTB Ali Wardana menjelaskan majelis tinggi kesehatan pusat di Jakarta mewajibkan semua tenaga kesehatan melakukan sumpah profesi sebagai syarat untuk mendaptkan surat tanda regestrasi (STR). Ini sesuai amanat Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan.

Selain itu juga mengacu pada PP melalui Kementerian Kesehatan yang mengatur tentang pembuatan dan syarat pembuatan STR perawat dan tenaga kesehatan lainnya. ”Sumpah profesi harus di lakukan sejak lulus kuliah di bidang kesehatan,” kata Ali.

Apalagi pada 2020, STR tersebut akan dijadikan syarat untuk melanjutkan pendidikan di bidang kesehatan. Ia menyebut, syarat untuk mendapatkan STR adalah tenaga kesehatan di masing masing jenjang pendidikan harus mengambil sumpah profesi.

Dia mengaku prihatin, bahwa kondisi saat ini banyak tenaga kesehatan yang tidak memiliki STR. Karena mereka tidak memiliki bukti pengambilan sumpah. ”Banyak yang mengaku pernah diambil sumpahnya namun tidak memiliki bukti,” ujarnya.

Karena itulah, Ali sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, tenaga kesehatan baik itu dokter, perawat dan tenaga kesehatan lain, peningkatan kualitas dan kompetensi dimaksudkan untuk melindungi masyarakat dan memberikan pelayanan kesehatan terbaik.

Agar seluruh tenaga kesehatan bisa memiliki STR, Ali berharap kegiatan seperti ini tidak hanya di Kota Mataram saja, namun bisa menyasar ke kabupaten dan kota lain di NTB. “Ini memang sebuah kewajiban bagi keseluruhan tenaga kesehatan untuk memiliki STR, jadi kegiatan serupa harus lebih disering digelar,” pungkasnya. (yun/r5/*)

Berita Lainnya

Ayo Dukung Duta Bahasa NTB

Redaksi Lombok Post

Karantina Mataram Musnahkan Bibit Kubis Berbakteri Asal Amerika

Redaksi LombokPost

Warga Sekotong Harus Hati-hati! Ikan dan Beras Terindikasi Terpapar Merkuri

Redaksi LombokPost

Pemprov Masih Konsultasi

Redaksi LombokPost

Dewan Usulkan Bentuk Pansus

Redaksi LombokPost

Rastra untuk NTB Akan Dihapus

Redaksi LombokPost

AP Diminta Tidak Ngutang Terlalu Lama

Redaksi LombokPost

Awas, Dana Desa Rawan Dikorupsi!

Redaksi LombokPost

Emi Dapat Umrah Gratis

Redaksi LombokPost