Lombok Post
Giri Menang

450 Calon Haji Lobar Diberangkatkan ke Tanah Suci

TAMU ALLAH: Sejumlah Calon Jemaah Haji saat dilepas di Bencingah Agung Kantor Bupati Lombok Barat, kemarin malam (9/7).

GIRI MENANG-Ratusan jamaah calon haji (JCH) asal Lombok Barat (Lobar) siap berangkat ke Tanah Suci tahun ini. Mereka sejak kemarin malam sudah masuk ke asrama haji untuk pemeriksaan kesehatan terakhir.

Bagi JCH yang dinyatakan lolos pemeriksaan, maka mereka langsung berangkat ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional Lombok dinihari pukul 00.55 Wita.

“Untuk kloter empat, ada 450 JCH dan lima orang untuk petugas pendamping. Malam ini (tadi malam, Red) pemeriksaan kesehatan terakhirnya di Asrama Haji,” ungkap Kepala Kemenag Lobar H Jaelani Ibrahim kepada Lombok Post, kemarin (10/7).

Untuk petugas pendamping, mereka terdiri dari seorang pendamping kelompok terbang (kloter), satu pendamping ibadah dan tiga orang tim medis. Dengan rincian tim medis terdiri dari satu dokter dan dua perawat.

Dalam pemeriksaan sebelumnya, Jaelani mengaku dua JCH yang gagal berangkat tahun ini. Salah satu dari JCH tersebut diketahui tengah hamil. Sementara satu orang lainnya memilih menunda keberangkatan di tahun berikutnya.

“Mungkin mau nunggu seseorang untuk samaan berangkat. Bisa ditunda tahun depan,” ungkapnya.

Jaelani menjelaskan, jika pemeriksaan terakhir di Asrama Haji tadi malam ada ditemukan JCH yang hamil atau kurang sehat, maka keberangkatan terpaksa ditunda. Karena pemeriksaan terakhir di asrama haji bisa menjadi penentu apakah jamaah tersebut diizinkan berangkat atau tidak.

“Ada juga satu jamaah yang saat ini dirujuk ke rumah sakit,” tuturnya.

Hanya saja masih belum final keputusan pihak dokter apakah jamaah tersebut boleh berangkat atau tidak. “Malam ini (tadi malam, Red) final terakhirnya,” jelas Jaelani.

Dibandingkan tahun sebelumnya, jumlah JCH Lobar tahun ini lebih banyak, yakni 609 orang. Rinciannya, 450 orang diberangkatkan pada kloter empat. Selanjutnya, pada keloter sembilan jumlah JCH yang akan berangkat sebanyak 156 orang. Terakhir, campuran kloter 11 sebanyak tiga orang.

Sementara Bupati Lobar H Fauzan Khalid saat melepas para JCH mengingatkan mereka agar saling membantu dan menjaga selama menunaikan ibadah haji. Ia berharap, dengan kesabaran dan keikhlasan, JCH asal Lobar mendapatkan haji yang mabrur.

“Para calon jamaah haji adalah duta atau wakil dari Kabupaten Lombok Barat. Tunjukkan prilaku yang baik sehingga nama daerah dan negara dinilai baik oleh orang luar,” pesannya saat melepas 450 JCH di Bencingah Agung. (ton)

Berita Lainnya

Korban Gempa Tagih Janji Jokowi!

Redaksi LombokPost

Satu Sapi dan Tiga Kambing Tak Layak Sembelih

Redaksi LombokPost

Senggigi Butuh Jualan Baru!

Redaksi LombokPost

Farin Langsung Bidik Kursi Bupati

Redaksi LombokPost

Aparat Diminta Usut Perjalanan Dinas Dewan Lobar

Redaksi LombokPost

Rp 595 Juta Kerugian Negara Belum Kembali!

Redaksi LombokPost

Dermaga Rusak, Antrean Truk Mengular

Redaksi LombokPost

Tegur Sudah, Segel Sudah, Bongkarnya Tunggu Apalagi?

Redaksi LombokPost

Pedagang Ingin Kembali ke Pasar Lama Gunungsari

Redaksi LombokPost