Lombok Post
Praya

Ayo Gunakan Asuransi Pertanian!

URUS SAWAH: Seorang petani di Desa Tampak Siring, Kecamatan Batukliang, yang mulai menanam padi, Senin (17/6) lalu.

PRAYA-Para petani di delapan kecamatan di Lombok Tengah, diimbau untuk mengikuti asuransi pertanian. Itu untuk mengantisipasi kerugian, akibat puso atau gagal tanam, atau serangan hama pada tanaman padi maupun tembakau.

”Kebijakan ini, sudah lama kami sampaikan ke para petani. Cuma, tidak banyak yang mengikuti,” sesal Kepala Dinas (Dispertan) Loteng Lalu Iskandar pada Lombok Post, kemarin (10/7).

Padahal, biaya untuk mengikuti asuransi, tidak terlalu besar. Nilainya hanya Rp 36 ribu per hektare (ha), dengan uang itu, petani bisa melakukan klaim asuransi mencapai Rp 6 juta per ha jika terjadi gagal panen. Asuransi itu jelasnya dikelola pihak ketiga, bukan pemerintah. Untuk menerima klaim, petani tinggal mendokumentasikan kondisi lahan pertaniannya, lalu menunjukkan kartu asuransi dan anggaran cair dengan mudah.

Setiap lahan pertanian sarannya sebaikan diasuransikan saja. Dengannya, petani terhindar dari kerugian. Kedelapan kecamatan yang dimaksud meliputi, Kecamatan Janapria, Praya Timur, Pujut, Praya Barat, Praya Barat Daya, Praya Tengah, Jonggat dan Kecamatan Praya. Sedangkan, empat kecamatan lain meliputi, Kecamatan Batukliang, Batukliang Utara, Pringgarata dan Kecamatan Kopang belum terlalu mendesak karena terbilang aman dari potensi kegagalan.

”Namanya, Asuransi Usaha Tanaman Pangan (AUPT),” terangnya.

Pada bidang peternakan sapi, ada pula Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS). Polanya serupa, dengan biaya Rp 40 ribu untuk satu ekor ternak, dan klaim asuransinya Rp 10 juta. ”Mari manfaatkan,” serunya.

Hal senada dikatakan Sekretaris Dispertan Loteng Taufikurrahman. Ia menambahkan, target produksi gabah tahun ini mencapai 513.000 ton, atau perhektare 5,9 ton. Sedangkan, total luas lahan pertanian mencapai 54.343 ha. ”Dalam waktu dekat, musim tanam kedua akan berakhir. Selanjutnya, memasuki musim tanam palawija,” bebernya. (dss/r9)

Berita Lainnya

Angkasa Pura Ingin Jadi Bagian Kesuksesan MotoGP

Redaksi LombokPost

Berwisata di Kolam Renang Matra Praya

Redaksi LombokPost

Jangan Merariq Kodek!

Redaksi LombokPost

Penerbangan Lombok-Perth Baik untuk Pariwisata

Redaksi LombokPost

Masalah Kawasan Prabu Bukan Hanya Tambang

Redaksi LombokPost

Diskominfo Lombok Tengah Data Ulang Jumlah Tower

Redaksi LombokPost

Tampil di JFC, Loteng Bertekad Memukau

Redaksi LombokPost

Target Pendapatan Daerah Rp 2,154 T

Redaksi LombokPost

Cerita H Najamudin, Penyiar Radio 90-an

Redaksi LombokPost