Lombok Post
Politika

Hari Ini, Gugatan Pileg NTB Disidang

Yan Marli

MATARAM-Mahkamah Konstitusi (MK) telah memulai sidang gugatan sengketa Pileg 2019 sejak hari Selasa 9, Juli 2019 kemarin. Dalam rentang waktu itu hingga kemarin, beberapa daerah telah menggelar sidang. Agenda Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) DPR-DPRD dan DPD RI.  Sementara sidang untuk NTB sendiri sesuai rencana akan digelar hari ini.

“NTB akan sidang pada tanggal 12 Juli,” kata Yan Marli, Komisioner KPU NTB Divisi Hukum dan Pengawasan.

KPU NTB sendiri akan mengadapi 10 gugatan. Terkait PHPU DPR-DPRD dan DPD RI. Delapan gugatan dari partai antara lain PBB, Partai Nasdem, Partai Gerindra, PDIP, Partai Golkar, Partai Demokrat, dan dua gugatan dari Partai Berkarya.

Sedangkan atas nama perorangan Sopyan Hakim juga menggugat PHPU DPR-DPRD. Satu lagi atas nama perorangan dari Prof H Farouk Muhammad untuk PHPU DPD RI.

“Iya semua diselesaikan hari itu (hari ini, Red),” terangnya.

Total gugatan yang masuk ke MK sebanyak 330 dari seluruh Indonesia. Di mana 10 gugatan datang dari Partai dan atas nama perorangan di NTB.

Sebelumnya, Yan mengatakan pihaknya sudah sangat siap menghadapi gugatan dari partai dan perorangan. Atas hasil rekapitulasi dan penatapan hasil perhitungan KPU NTB pada perolehan Caleg dan DPD RI.

Semua bukti-bukti presidangan telah disiapkan. Optimisme Yan bertambah menghadapi gugatan menyusul dalam catatannya sepanjang KPU NTB menghadapi gugatan perselisihan hasil perhitungan suara, KPU NTB selalu berhasil memberikan argumentasi kuat. Hingga memenangkan persidangan.

“Tentu kami sudah siap,” terangnya.

Terkait hasil gugatan Yan nantinya akan menyampakan hasilnya setelah persidangan usai. “(kalau sekarang) tentu belum (tahu hasilnya),” tandasnya. (zad/r2)

Berita Lainnya

Djohan Incar Syarif

Redaksi LombokPost

PKS Buka Peluang Bentuk Poros Sendiri

Redaksi LombokPost

Ismul atau Jafri, Mana Lebih Sakti?

Redaksi Lombok Post

Jalan Suhaili Menyambung Dinasti

Redaksi Lombok Post

Protes Warga Tak Mempan, Dewan Siap Paparkan Hasil Kunker

Redaksi Lombok Post

Ali: Dinda Seharusnya Tak Tenang

Redaksi LombokPost

Jangan Ada Evi Kedua!

Redaksi LombokPost

Sekda Lotim Incar Wali Kota Mataram

Redaksi Lombok Post

Pelantikan Wakil Rakyat 5 Daerah Molor

Redaksi LombokPost