Lombok Post
NTB

Promosi APGN Harus Digencarkan

TGH Hazmi Hamzar

MATARAM-Jelang penyelenggaran The 6th Asia Pacific Geoparks Network (APGN) Symposium 2019, September mendatang, DPRD NTB meminta pemprov bisa serius melakukan persiapan. Selain itu, pemprov juga harus mulai gencar mempromosikan kegiatan ini.

Anggota Komisi II DPRD NTB TGH Hazmi Hamzar menjelaskan, kegiatan ini kesempatan emas bagi semua pihak untuk mempromosikan pariwisata. Namun sampai saat ini pemprov belum menampakkan tanda-tanda promosi. “Kok sampai sekarang tidak ada gaungnya, kita nggak boleh berhenti melakukan promosi,” tegasnya.

Dia menyebut, sudah seharusnya promosi APGN sama dengan MotoGP. Ia mengingatkan pemda jangan berat sebelah mempromosikan sebuah event. “Kita mau bikin acara MotoGP di Mandalika, sudah kita dengungkan dari jauh-jauh hari, tetapi kenapa APGN ini nggak seperti itu? Padahal ini skala internasional juga,” jelas Hamzi.

Ia berharap dalam jangka waktu kurang dari dua bulan ini, promosi APGN sudah harus terlihat. “Ini kita lakukan supaya masyarakat juga bisa tahu, ada event skala internasional loh di Lombok nanti, bukan pejabat saja yang merasakan euforia tetapi seluruh NTB,” tandasnya.

Asisten II Setda NTB H Ridwan Syah menegaskan, pembahasan mengenai perkembangan persiapan APGN sudah dilakukan pada Rabu (10/7) lalu di Ruang Rapat Utama kantor Gubernur NTB. Rapat dipimpin Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah. “Persiapan sudah hampir rampung sekitar 76 persen berjalan,” jelasnya.

Mantan Kepala Bappeda NTB ini menyebutkan, pihaknya akan gencar melakukan promosi baik di dalam dan di luar negeri. Karena ini kegiatan berskala internasional, tentu saja akan melibatkan pemerintah pusat.

Ridwan mengatakan, dalam waktu dekat, wagub akan menemui Menteri Pariwisata dan Menko Kemaritiman. Dalam waktu dekat juga, pihaknya akan mengumpulkan seluruh kepala daerah se-NTB untuk membahas lebih lanjut sejauh mana persiapan dan pemantapan promosi APGN.

“Karena ini gawe nasional sehingga harus ada sinergi pemerintah pusat, pemrov dan pemkab untuk saling mendukung satu sama lain,” pungkasnya. (yun/r5)

Berita Lainnya

Ayo Dukung Duta Bahasa NTB

Redaksi Lombok Post

Karantina Mataram Musnahkan Bibit Kubis Berbakteri Asal Amerika

Redaksi LombokPost

Warga Sekotong Harus Hati-hati! Ikan dan Beras Terindikasi Terpapar Merkuri

Redaksi LombokPost

Pemprov Masih Konsultasi

Redaksi LombokPost

Dewan Usulkan Bentuk Pansus

Redaksi LombokPost

Rastra untuk NTB Akan Dihapus

Redaksi LombokPost

AP Diminta Tidak Ngutang Terlalu Lama

Redaksi LombokPost

Awas, Dana Desa Rawan Dikorupsi!

Redaksi LombokPost

Emi Dapat Umrah Gratis

Redaksi LombokPost