Lombok Post
Sumbawa

Sejumlah Perda Bakal Direvisi

BIMA-Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kabupaten Bima mulai membahas pelaksanaan pilkades serentak tahun ini. Diketahui, sebanyak 82 desa yang akan menggelar pesta demokrasi tersebut.

Kepala DPMDes Kabupaten Bima Tajudin mengatakan, tahapan pilkades akan dimulai September mendatang. Sebelum masuk pada tahapan pilkades, pihaknya akan merevisi sejumlah peraturan bupati (perbup) tentang pilkades.

“Ada beberapa poin dalam perbub yang kita revisi, agar pelaksanaan pilkades nanti bisa lebih baik lagi,” terangnya.

Menurutnya, poin penting yang direvisi dalam perbup, salah satunya tentang kewenangan petahana. Dimana petahana yang meninggalkan jabatan harus bisa mempertanggungjawabkan setiap pekerjaan yang ditinggalkan.

“Aturan ini untuk menjamin agar aparat desa bersih dari praktek KKN. Kades yang menjadi petahana maupun yang tidak lagi ikut pilkades perlu diikat dengan aturan yang jelas,” tuturnya.

Dia menjelaskan, perlunya aturan yang mengikat petahana di masa mejabat agar tidak menjadi beban bagi pejabat baru. Disebutkan, hampir seluruh kades baru yang terpilih mendapat masalah yang sama.

“Jadi sekarang harus diterangkan dengan aturan. Sebelum pilkades bergulir, calon petahana harus diaudit oleh Inspektorat. Ini diperlukan agar petahana tidak lepas tanggungjawab,” katanya.

Tajudin menambahkan, penyelenggaraan pilkades nantinya harus lebih humanis. Pihaknya juga akan bekerja keras untuk mewujudkan pilkades yang aman.

“Hal ini butuh peran semua pihak dan kesadaran bersama,” terangnya.

Tajudin mengaku, penyelenggaraan pilkades serentak tidak bisa disiapkan secara instan. Dibutuhkan perangkat yang kuat untuk mengantisipasi kemungkinan masalah yang akan terjadi.

“Karenanya saat ini kami makin mengintensifkan koordinasi dengan melibatkan semua unsur. Kita akan fokus menyiapkan pilkades serentak ini,” pungkasnya. (dam/r4)

Berita Lainnya

HUT RI, Enam Napi Langsung Bebas

Redaksi Lombok Post

Sejumlah Taman Dibiarkan Terbengkalai

Redaksi Lombok Post

Petani Keluhkan Anjloknya Harga Garam

Redaksi Lombok Post

Jembatan Kananta Masuk Prioritas Provinsi

Redaksi Lombok Post

BUMDes Didorong Lahirkan Produk Unggulan

Redaksi Lombok Post

Anggota Dewan Terpilih Ditetapkan

Redaksi Lombok Post

Lakalantas di Jalur Baru, Tiga Orang Meninggal

Redaksi Lombok Post

Hendak Pesta Komix, Empat Pelajar Diamankan

Redaksi Lombok Post

WNA Pembuat Onar Dikirim ke Rudenim

Redaksi Lombok Post