Lombok Post
Metropolis

Kejuaraan Paralayang Nasional Diikuti 153 Peserta

TEMPAT MENDARAT: Pantai Torok Aik Belek Desa Montong Ajan, Praya Barat Daya Lombok Tengah inilah yang menjadi tempat mendarat para peserta kejuaraan paralayang nasional, belum lama ini.

PRAYA-Kejuaraan paralayang nasional seri ketiga Kementerian Olahraga (Kemenpora) di Lombok Tengah siap digeber. Seluruh persiapan, sudah matang, sarana dan prasarana sudah rampung. Lokasinya, di bukit Sombeng dan pantai Torok Aik Belek di Desa Montong Ajang, Kecamatan Praya Barat Daya.

“Jumlah peserta sebanyak 153 orang dari seluruh Indonesia, bisa saja bertambah,” beber Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) Loteng HL Dipta, kemarin (9/10).

Pelaksanaannya selama tiga hari. Dari 30 Agustus-1 September mendatang. Artinya, tinggal menghitung hari saja. Dipta optimis, kegiatan yang memperebut trofi dan piagam dari Menpora Imam Nahrawi tersebut berjalan lancar, aman, dan sukses.

Apalagi, Loteng sudah berkali-kali menggelar kegiatan yang sama. Tidak saja berkelas nasional, tapi internasional. Sehingga, warga di Desa Montong Ajan, menyambut gembira. “Kita berharap, peserta dari luar negeri ikut ambil bagian memeriahkan,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, jarak tempuh dari bukit Sombeng, menuju lokasi pendaratan mencapai 2,2 kilometer (km), atau lebih jauh dari seri pertama dan seri kedua, di Kabupaten Batang dan Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Sehingga, peserta cukup antusias.

 “Atas dasar itulah, komunitas layang gantung atau gantole juga ikut ambil bagian memeriahkan,” beber Dipta.

Melalui olahraga ini, pariwisata Lombok semakin baik dan pulih total. “Inilah yang disebut sport tourism,” sambung Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Loteng HL Muhammad Putrie. Jumlah lokasi paralayang di Loteng sendiri, kata Putrie, ada 13 titik. Itu tersebar di Desa Kuta, Desa Prabu, Desa Tumpak, Desa Mertak, Desa Sukadana, Desa Selong Belanak dan Desa Montong Ajan. (dss/r8)

Berita Lainnya

Bukit Nipah dan Padanan Terbakar

Redaksi LombokPost

NTB Gak Mau PNS Kerja di Rumah

Redaksi Lombok Post

Uang Korban Gempa Dicuri Mandor

Redaksi LombokPost

Melihat Persiapan Pemkot Menyambut HUT Kota Mataram Ke-26

Redaksi LombokPost

Korban TPPO Banyak Dijual ke Suriah

Redaksi LombokPost

Wajib Pakai Besi Kolom Sepuluh Mili

Redaksi LombokPost

Tok, Tok, Tok, Bank Rontok

Kafilah Kecamatan Mataram Juara MTQ XVIII

Hadapi Kekeringan dengan Sumur Dangkal

Redaksi LombokPost