Lombok Post
Sumbawa

Anggota Dewan Terpilih Ditetapkan

RAPAT PLENO: Ketua KPU Dompu Arifuddin menyerahkan SK penetapan caleg DPRD Dompu terpilih di aula kantor KPU setempat, Sabtu lalu (10/8).

DOMPU-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu menggelar rapat pleno penetapan perolehan kursi partai politik  dan calon anggota DPRD Dompu terpilih, Sabtu lalu (10/8). Sebanyak 30 caleg yang berasal dari 16 parpol ditetapkan sebagai anggota DPRD Dompu.

Di Dompu ada 4 parpol yang gagal menempatkan wakilnya di kursi legislatif. Yakni, Perindo, PKPI, PSI dan Partai Garuda. Dari 30 caleg terpilih ini, tiga parpol mengutus empat wakilnya, yakni Gerindra, PKB dan Nasdem. Dari tiga parpol tersebut, Partai Nasdem berhasil merebut dua kursi di Dapil I, wilayah Kecamatan Dompu, Hu’u dan Pajo. Mereka hanya kalah di Dapil III, wilayah Kilo dan Manggelewa.

Sementara 3 Parpol, Golkar, PPP dan Demokrat masing-masing mengutus 3 kadernya. PKS, Hanura dan PBB hanya mampu mengutus masing-masing 2 wakilnya. Sedangkan PAN, PDIP dan Barkarya masing-masing mengutus satu wakil di lembaga legislatif Dompu.

Dari total 30 wakil rakyat terpilih tersebut, Muttakun dari Nasdem Dapil 1 tercatat sebagai peraih suara terbanyak. Aktifis LSM ini mampu meraup 2.884 suara. Sementara di posisi kedua perolehan suara terbanyak juga ditempati wakil Nasdem Dapil 4, Andi Bachtiar. Calon Incumbent ini berhasil memperoleh 2.405 suara.

Sedangkan, legislator terpilih dengan suara paling sedikit adalah Muhammad Rasyid Ridho. Tampil sebagai pendatang baru, politisi muda dari Partai Berkarya ini mengumpulkan 897 suara.

Komisioner KPU Kabupaten Dompu Agus Setiawan mengatakan, setelah rapat pleno penetapan caleg terpilih, KPU langsung menyerahkan SK penetapan caleg terpilih. SK tersebut diserahkan KPU kepada caleg terpilih di aula KPU setempat.

” SK penetapan caleg terpilih sudah diserahkan,” kata Agus, kemarin. (jw/r4)

Berita Lainnya

HUT RI, Enam Napi Langsung Bebas

Redaksi Lombok Post

Sejumlah Taman Dibiarkan Terbengkalai

Redaksi Lombok Post

Petani Keluhkan Anjloknya Harga Garam

Redaksi Lombok Post

Jembatan Kananta Masuk Prioritas Provinsi

Redaksi Lombok Post

BUMDes Didorong Lahirkan Produk Unggulan

Redaksi Lombok Post

Lakalantas di Jalur Baru, Tiga Orang Meninggal

Redaksi Lombok Post

Sejumlah Perda Bakal Direvisi

Redaksi Lombok Post

Hendak Pesta Komix, Empat Pelajar Diamankan

Redaksi Lombok Post

WNA Pembuat Onar Dikirim ke Rudenim

Redaksi Lombok Post