Lombok Post
Selong

Disdukcapil Tak Lagi Layani KK, KTP, dan Akta

SUMPAH JABATAN: Bupati Lotim HM Sukiman Azmy mengambil sumpah jabatan pejabat eselon IV yang dilantik menjadi kepala dan kepala seksi di sepuluh UPT Dukcapil di ruang pelayanan Kantor Disdukcapil, kemarin (11/7).

SELONG-Masyarakat tak perlu lagi repot mendatangi kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lotim. Terutama untuk membuat kartu keluarga (KK), KTP, dan akta kelahiran. Karena sekarang Pemkab Lotim telah menyediakan 10 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Disdukcapil yang siap melayani warga di 21 kecamatan.

“Tidak ada lagi pelayanan KTP,  KK dan akta kelahiran di Disdukcapil, kecuali perubahan data, NIK ganda dan kebutuhan darurat lainnya,” kata Sukiman.

Penegasan terhadap pelayanan administrasi kependudukan tersebut disampaikan setelah bupati melantik 10 kepala UPT Disdukcapil dan lima Kasi di Kantor Disdukcapil, kemarin (11/7). Masalah yang dihadapi dalam melayani kebutuhan masyarakat tidaklah sedikit. Terlebih belum semua sektor pelayanan dapat ditangani dengan baik. Seperti pelayanan pembuatan administrasi kependudukan yang maksimal kepada masyarakat.

Karena itu, guna meningkatkan pelayanan tersebut, pihaknya membuat sepuluh UPT yang di tempatkan di sepuluh area. Masing-masing area akan melayani dua kecamatan terdekat. Kecuali UPT Wilayah VII yang hanya melayani Kecamatan Sikur, dan UPT wilayah X yang melayani tiga kecamatan. Yakni kecamatan Sakra, Sakra Timur, dan Sakra Barat.

“Saya berharap UPT ini dapat mengurangi persoalan masyarakat yang tinggal di wilayah yang jauh. Sehingga tidak membutuhkan banyak biaya untuk datang langsung ke dinas,” terangnya.

Mengenai pelayanan, Sukiman juga menjanjikan reward bagi tiga UPT yang melakukan pelayanan terbaik. Kabag Humas dan Protokol Setda Lotim Iswan Rakhmadi mengatakan, sebelumnya pelayanan dokumen kependudukan dilakukan di setiap kecamatan. Hal tersebut dinilai efektif karena memberi pengaruh signifikan dalam peningkatan kepemilikan dokumen kependudukan. “Dengan UPT ini, Pemkab Lotim berupaya meningkatkan pelayanan yang efektif dan efisien,” kata Iswan. (tih/r5)

Berita Lainnya

Lotim Bentuk UPT Penanganan Kemiskinan

Redaksi LombokPost

SK Guru Honorer Lotim Segera Terbit

Redaksi LombokPost

Pengedar Sabu Tertangkap di Kuburan

Redaksi LombokPost

Berbincang dengan Pasukan Kuning DLHK Lotim

Usia Pejabat Dibatasi 58 Tahun

Najwa Raih Video Presentasi Terbaik

Pendakian Gunung Rinjani Tetap Aman

Gak Ada Plt Lagi, Bupati Lantik 26 Pejabat Eselon II

Redaksi LombokPost

IKKON 2019 Sambangi Lotim