Lombok Post
Headline Metropolis

Musim Hujan, BMKG Minta Masyarakat Waspada

Kepala Pelaksana BPBD NTB H Ahsanul Khalik

MATARAM-Hujan lebat dan angin puting beliung menerjang sejak pertengahan November lalu.  ”Semua daerah harus waspada,” imbuh Kepala Pelaksana BPBD NTB H Ahsanul Khalik, kemarin.

                Angin puting beliung menerjang Desa Padak Guar, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, kemarin siang. “Tidak ada korban jiwa dalam,” katanya.

                Dari 15 – 29 November, BPBD mencatat hujan lebat disertai angin kencang menyebabkan 16 pohon tumbang, 53 rumah rusak, dan dua warga luka-luka. Kejadiannya di Kota Mataram, Lombok Barat, dan Lombok Timur.

                Kepala Seksi Penyelamatan dan Evakuasi BPBD NTB Ibrahim Kurninawa menjelaskan, penanganan bencana dilakukan bersama kabupaten/kota. ” Tim TSB BPBD melakukan pembersihan pohon tumbang yang menutupi akses jalan,” katanya.

Sementara warga korban puting beliung telah mendapatkan bantuan dari masing-masing daerah. ” BPBD NTB terus berkoordinasi dengan BMKG terkait kondisi cuaca,” katanya.

Sejak kemarin, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan imbauan untuk waspada. Tiga hari ke depan, semua wilayah NTB berpotensi dilanda hujan lebat disertai angin kencang dan petir. ”Masyarakat diimbau tetap waspada,” kata Kepala Stasiun Meteorologi BIL Nanang Buchori dalam edarannya.

Pada masa peralihan musim, beberapa potensi bencana yang bisa terjadi. Mulai banjir, longsor, pohon tumbang, jalan licin, hingga gelombang tinggi. (ili/r5)

Berita Lainnya

Tipu TKI, Oknum Pegawai Disnakertrans Lotim Hilang

Redaksi Lombok Post

Rayuan Maut Calo Tipu Para TKI

Redaksi Lombok Post

Event MotoGP Mandalika Bisa Sedot 200 Ribu Penonton

Redaksi Lombok Post

Bertaruh Nyawa di Lubang PETI

Redaksi Lombok Post

Kaum Disabilitas NTB Minta Pemerintah Serius

Redaksi Lombok Post

1.228 Orang Terancam Kehilangan Jabatan

Redaksi Lombok Post

Astaga, Enam TKI Asal NTB Diduga Jadi Korban TPPO

Redaksi Lombok Post

Balai TNGR Batasi Jumlah Pendaki Rinjani

Redaksi Lombok Post

11 Pengedar Narkoba Antar-Kabupaten Dibui

Redaksi Lombok Post